Kanal

Sarbaini: Tahun Ini Kita Sembelih 30 Sapi

Pekanbaru, Hariantimes.com - Empat hari menjelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, jumlah hewan qurban di lingkungan Pemko Pekanbaru terus bertambah.

Sampai hari Senin (06/08/2019), jumlah sapi qurban ASN Pemko Pekanbaru tercatat sebanyak 30 ekor sapi, bertambah enam ekor dari data yang dirilis dua hari lalu.

Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, H. Sarbaini kepada Hariantimes.com di ruang kerjanya, Senin (06/08/2019) mengatakan, penyembelihan hewan qurban dilaksanakan Selasa (13/08/2019) di halaman Masjid Nurul Salim Kantor Walikota Pekanbaru Jalan Sudirman.

"Pemotongan hewan qurban dan pembagian daging jadwalnya tidak berubah, tetap pada hari Rabu 13 Agustus 2019 sekitar pukul 08.00 WIB sampai selesai, diperkirakan sebelum sholat Asyar," jelasnya.

Menanggapi tentang penambahan jumlah penerima daging qurban, menurut Sarbaini dipastikan ada penambahan cukup banyak sesuai dengan bertambahnya  hewan qurban yang nanti disembelih.

"Jumlah mustahik yang menerima daging kurban otomatis akan bertambah sesuai dengan hewan qurban yang ada. Berapa jumlah pastinya kami masih menunggu data dari seluruh OPD dan bagian," ujarnya.

Terkait pelaksanaan sholat ied Idul Adha 1440 Hijriah di Kota Pekanbaru, Pemko Pekanbaru bersama Kemenag daerah ini telah menyiapkan sebanyak 212 orang lebih penceramah atau ustad yang berasal dari MDI, IKMI dan organisasi ulama lainnya di kota ini.

"Menurut Kemenang Pekanbaru sholat Ied di Pekanbaru dilaksanakan pada 212 masjid dan lapangan," urai Sarbaini.

Semarak Takbir 

Berbeda dari tahun lalu, semarak takbir hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, jelas Sarbaini dilaksanakan di Masjid Paripurna Agung Ar-Rahman Pekanbaru, 12 Masjid Paripurna Kecamatan, seluruh masjid paripurna kelurahan dan seluruh masjid dan mushallah yang ada di sekitar masjid-masjid paripurna.

"Semarak takbir hari raya Idul Adha dilaksanakan di seluruh masjid dan mushallah, tidak ada kegiatan pawai takbir keliling yang dipusatkan di Jalan Gajah Mada Pekanbaru," ungkapnya.

Pengurus dan umat Islam di sekitar masjid dihimbau untuk menggelar semarak takbir Idul Adha semeriah mungkin sesuai dengan syariat agama Islam dalam lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Boleh menggelar takbir keliling menggunakan kendaraan hias tetapi rutenya terbatas pada ruas-ruas sekitar masjid," tuturnya.(*)


Penulis: Karmawijaya

Berita Terkait

Berita Terpopuler