Kanal

Pilkada Meranti Aman, Lancar, Irwan Mencoblos di TPS 04 Selatpanjang

Meranti, Hariantimes.com - Masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti melaksanakan hak pilihnya dalam Pilkada serentak tahun 2020 untuk menentukan Bupati dan Wakil Bupati yang akan memimpin Negeri Sagu selama 5 tahun kedepan, Rabu (09/12/2020).

Pilkada kali ini sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Itu karena seluruh dunia dihadapkan pada Pandemi Covid-19 yang masih menghantui warga. 

Meski begitu; dari hasil peninjauan Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi bersama Forkopimda dan Instansi terkait lainnya bisa disimpulkan, Pilkada Meranti berjalan aman, lancar dan mudah-mudahan bebas dari Covid-19.

Peninjauan kali ini dibagi menjadi 2 kelompok yang pertama Bupati Meranti Drs H Irwan MSi didampingi Kepala Badan Kesbangpolinmas Meranti Tasrizal Harahap, Kasatpol PP Meranti Helfandi, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH dan Kabag Tapem Sekdakab Meranti Jhon Hendri, juga ditemani Camat Tebing Tinggi Rayan Pribadi, Kades Tsnjung Pranap Aswendi dan lainnya.

Kelompok 2 dilakukan oleh Sekdakab Meranti Dr H Kamsol MM bersama Kapolres Meranti AKBP Eko Wimpiyanto, Danramil Selatpanjang Mayor Inf Bismi Tambunan, Kadiskes Meranti Dr Misri Hasanto dan Kasatpol PP Meranti Helfand.

Dalam peninjuauan yang dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi di beberapa TPS di antaranya TPS 04 Kelurahan Selatpanjang Timur Tebing Tinggi, TPS 17 dan 18 Kelurahan Selatpanjang Selatan Tebing Tinggi, serta TPS 1 Desa Tanjung Pranap Tebing Tinggi Barat, mendapati suasana pencoblosan berjalan aman dan kondusif serta menjalankan standar protokol kesehatan sesuai aturan yang telah ditetapkan KPU.

Khusus di TPS 04 ang berlokasi di Jalan Pramuka Ujung Selatpanjang, Bupati Irwan ditemani Istri Nirwana Sari juga berkesempatan melaksanakan hak pilihnya. 

Sebelum melakukan pencoblosan, terlihat Bupati dan Istri beserta masyarakat yang akan melaksanaka hak pilihnya diminta untuk menjalankan protokol kesehatan yakni memakai masker, cuci tangan dan disediakan sarung tangan plastik untuk memastikan tangan tetap steril.

"Dari hasil peninjauan yang kita lakukan bersama Forkopimda, Pilkada berjalan aman, lancar dan terkendali. Dan yang paling penting, penerapan protokol kesehatan yang sangat baik didukung dengan keterampilan petugas KPPS baik," jelas Irwan.

Namun dalam Pilkada ini, seperti yang terjadi di tahun sebelumnya jumlah pemilih belum mencapai 100 persen. Hal itu kemungkinan disebabkan karena kesibukan masyarakat atau karena hal lainnya yang membuat warga tak sempat datang ke TPS untuk menjalankan hak pilih.

Untuk memastikan Pilkada Meranti 2020 ini berjalan aman, lancar dan terkendali, Bupati Irwan dan rombongan juga menyempatkan diri meninjau Deda Tanjung Pranap yang sebelumnya sempat diisolasi karena terjadi Transmisi Lokal Covid-19. 

Berkat kesiapan panita dan sosialisasi aparatur desa yang didukung oleh pihak keamanan di lokasi ini, Pilkada juga berjalan aman dan lancar.

Pilkada aman dan lancar juga disampaikan oleh Kapolres Meranti AKBP. Eko Wimpiyanto.

Diakui Kapolres, hingga sore hari dirinya belum benerima laporan dari Polsek di 9 Kecamatan terkait permasalahan saat pencoblosan, artinya Pilkada berjalan dengan kondusif.

"Hingga saat ini kita belum menerima laporan adanya permasalahan, Pelaksanaan Pilkada masih berjalan dengan aman dan kondusif," ujar Kapolres.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler