Kanal

Kapolda: Selama Ini, Baru Pohon Besarnya Saja yang Ditebang

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemberantasan korupsi selama ini belum menyentuh akar permasalahanya.

Ibarat pohon, yang ditebang, itu baru pokok besarnya saja. Sementara urat korupsi yang sudah mengakar belum tersentuh. 

Buktinya, praktik korupsi di Riau hingga kini terus terjadi, sekalipun sudah banyak yang dihukum. Dan umumnya pihak-pihak yang terjerat kasus korupsi mengabaikan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas, baik pengelolaan anggaran maupun pelaksanaan kegiatan. 

"Selama ini, baru pohon besarnya saja yang ditebang. Sementara urat-uratnya belum dicabut. Nah, salah satu solusi untuk mencabut urat dan akar korupsi itu adalah dengan transparansi dalam segala hal, apapun bentuk serta pekerjaan yang dilakukan," tegas Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto saat menerima kunjungan silaturahmi jajaran Komisi Informasi (KI) Riau yang dipimpin Ketua KI Zufra Irwan SE, Jumat (03/01/2020) siang. 

Pertemuan yang berlangsung selama satu jam lebih di ruang kerja Kapolda itu dihadiri Wakil Ketua KI Riau Tatang Yudiansyah, Alnofrizal, Jhonny Setiawan Mundung, Hasnah Gazali dan Sekretaris KI Erisman Yahya serta sejumlah tenaga ahli dan panitera pengganti majelis Komisioner KI Riau.  

Terkait penindakan terhadap para pelaku korupsi di Riau, Kapolda menjelaskan, sejak dilantik 3 bulan lalu memang belum masuk ke ranah penanganan tindak pidana korupsi. 

"Tapi setelah ini, saya akan fokus (pada penanganan kasus-kasus korupsi) dan kami tidak akan main-main. Termasuk terhadap berbagai laporan tentang kepala daerah seperti Bupati yang diduga terlibat kasus tindak pidana korupsi," tegas Kapolda.

Karena itu pula, dihadapan jajaran KI Riau, Kapolda menegaskan pihaknya sedang mendalami berbagai laporan dugaan tindak pidana korupsi kepala daerah di Riau. 

"Ada dua kepala daerah di Riau yang korupsinya (diduga) sangat parah dan itu akan disikat Kapolda," ujar Kapolda.

Sementara Ketua KI Riau Zufra Irwan menyampaikan, banyak hal yang disampaikan dan didiskusikan dengan Kapolda. Terutama terkait transparansi dan keterbukaan informasi yang menjadi tupoksi KI Riau. 

"Kami juga meminta Bapak Kapolda agar pihak kepolisian ikut memantau pelaksanaan sidang sengketa informasi publik di Komisi Informasi Riau," kata Zufra kepada media terkait pertemuan silaturahmi tersebut.(*)

Editor: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler