Kanal

Bupati Suhardiman Amby Kukuhkan dan Lantik Sejumlah Pejabat Nomenklatur OPD Baru

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Dedy Sambudi SKep SKM MKes kukuhkan dan melantik sejumlah pejabat Esselon sesuai Nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Baru dilingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana sejumlah pejabat dikukuhkan dan dilantik tersebut, merupakan pejabat Esselon II, III dan IV dimasing-masing OPD dilingkup Pemkab Kuansing, pada Senin (02/01/2023) malam di Ruang Multimedia Kantor Bupati Kuansing.

Selain itu, juga dilaksanakan pemisahan OPD Baru, yakni Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) yang sebelumnya tergabung pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kuansing.

Adapun pengukuhan pembentukan OPD Baru tersebut, menyesuaikan kebutuhan dan regulasi sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kuansing tentang OPD yang terbaru.

Sejumlah pejabat dan nomenklatur OPD Baru yang dikukuhkan dan dilantik tersebut, diantaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kuansing, dan Drs Azhar MM yang juga kembali dilantik sebagaik Kepala OPD tersebut.

Sementara untuk Bidang dan Subbagian serta Sekretariat OPD yang ikut dikukuhkan dengan nomenklatur yang baru, diantaranya pada Disbudpar Kuansing yakni Bidang Kesenian Tradisional, Sejarah dan Cagar Budaya kini berubah menjadi Bidang Kesenian, Bahasa dan Sastra.

Sedangkan di Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kuansing, yakni Bidang Jaminan Sosial, Bencana dan Rehabilitasi Sosial kini berubah menjadi Bidang Perlindungan Sosial, Jaminan Sosial dan Rehabilitasi Sosial. Kemudian di Bidang Pemberdayaan Desa kini berubah menjadi Bidang Pemerintahan Desa.

Selanjutnya pada Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Satpol PP-PKP) Kuansing juga terjadi perubahan beberapa nomenklatur, yakni Bidang Operasional dan Pengendalian (Opsdal) kini berubah menjadi Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibumkammas) beserta dua seksi didalamnya. Selain itu di Bidang Satuan Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Satlinmas Gana) beserta dua seksi dibawahnya.

Sedangkan pada dua OPD Baru yang dikukuhkan tersebut, juga dikukuhkan sejumlah bidang dan seksi yang dibawahi OPD tersebut, diantaranya Sekretariat OPD Disnaker Kuansing yang membawahi dua Subbagian, yakni Subbagian Umum dan Subbagian Program dan Keuangan. Kemudian juga terdapat dua bidang, yakni Bidang Pelatihan, Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, dan Bidang Syarat Kerja, Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Selanjutnya pada OPD DPMPTSP Kuansing, juga dibentuk Subbagian Umum pada Sekretariat DPMPTSP guna menyesuaikan dengan kebutuhan dan regulasi yang ada pada nomenklatur OPD sesuai Perda Kuansing.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby yang diwakili Sekda H Dedy Sambudi berpesan kepada pejabat yang baru dilantik pada Nomenklatur OPD yang baru untuk bisa meningkatkan semangat kerja, totalitas dan loyalitas.

“Kepada seluruh pejabat diharapkan senantiasa untuk bisa meningkatkan semangat kerja, total dan loyal terhadap pimpinan,” tegasnya.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler