Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 14 Agustus 2019
 
Gerakan Kampung Hijau Sejahtera
Kawasan Mangrove Sungai Bersejarah Diresmikan untuk Publik
Rabu, 10 Juli 2019 - 11:17:05 WIB
Aksi penanaman 1.000 batang bibit manggrove.

Siak, Hariantimes.com - Kawasan Wisata Mangrove Sungai Bersejarah di Kampung Kayu Ara Permai diresmikan untuk publik.

Peresmian kawasan ini sebagai bentuk dukungan dan komitmen dalam mendukung serta mensukseskan Gerakan Nasional Peduli Mangrove, disamping upaya pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Tengku Said Hamzah saat memberikan kata sambutan pada wacara Penanaman Mangrove dan Launching Wisata Mangrove Sungai bersejarah kampung Kayu Ara Permai, Selasa (09/07/2019).

Sekda mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka mensukseskan gerakan Kampung Hijau Sejahtera di kawasan wisata mangrove Sungai Bersejarah Kampung Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit. 

"Kita semua sangat mendukung gerakan nasional peduli mangrove. Disamping upaya pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS), karena di ketahui setiap tahunnya abarasi terus meningkat," terang Sekda.

Sebagaimana yang telah menjadi kekhawatiran semua sejak lama, sebut Sekda, proses abrasi yang terjadi dikawasan pesisir merupakan momok yang cukup menakutkan bagi sebagian besar masyarakat yang bermukim di kawasan berbatasan langsung dengan selat dan laut.

"Abrasi yang terjadi di kawasan pesisir merupakan momok yang cukup menakutkan bagi sebagian besar masyarakat yang bermukim di kawasan berbatasan langsung dengan selat dan laut. Demikian pula yang terjadi didaerah kita, khususnya di sepanjang kawasan pantai Kampung Kayu Ara Permai ini. Akibat gelombang pasang yang kerap terjadi, abrasi yang mengikis pesisir pantai di kawasan ini diperkirakan mencapai 5 hingga 15 meter tiap tahunnya," ungkapnya.

Hutan mangrove, beber Sekda lagi, merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi. Dan biasanya didominasi dengan tumbuhan berkayu yang tumbuh di sepanjang garis pantai dan subtropis. Tanaman Mangrove yang kita tanam Insya Allah akan tumbuh berjajar, menjadi benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut. 

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Siak menyampaikan apresiasi kepada kita semua yang turut hadir pada hari ini, yang telah tulus ikhlas bersama-sama melaksanakan salah satu usaha mitigasi bencana, dengan mengembalikan habitat yang rusak dengan mengembalikan habitan tanaman mangrove seperti sedia kala," ujar Sekda.

Kegitaan Penanaman Mangrove dan Launching Wisata Mangrove Sungai bersejarah kampung Kayu Ara Permai Ini, merupakan aksi nyata dan hasil kerjasama para pihak terkait yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan gerakan  nasional peduli manggrov, pemulihan DAS dan Kampung Hijrah di wilayah Provinsi Riau.

Aksi ini diikuti penanaman 1.000 batang bibit manggrov dari total keseluruhan yang sudah di tanam sebanyak 5.000 bantang. Adapun jenis yang di tanam adalah api-api, bakau, lengadai

Pada acara itu juga panitia membagikan bibit produktif sebanyak 500 batang bibit kepada masyarakat di kampung Kayu Ara permai, dengan jenis lengkeng, diamond, durian tembaga, jambu BOl, jabu madu dan jambu Kristal.

Acara tersebut dihadiri Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi Riau Hj Misnarni Samsuar, Kepala BPDASHL Indragiri Rokan Tri Esti Indrarwati, serta ratusan masyarakat Kampung Kayu Ara Sungai Apit.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Kawasan Mangrove Sungai Bersejarah Diresmikan untuk Publik
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Masrul Kasmy-Yulian Norwis Siap Maju di Pilkada Meranti
    02 Wabup: Semoga Proses Pengobatan Ditangani Segera
    03 Wisatawan Belanda dan Italia Menyantap Sambal Belacan Pucuk Ubi
    04 Jontikal : Mulai Besok, Demokrat Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup
    05 DANTRI Terpilih Nakhodai DEMA STAI Nurul Hidayah Selatpanjang
    06 Alfedri: Kabupaten Siak Telah Berhasil Mendapatkan 12 Penghargaan
    07 Ketua PKS : Halim - Komperensi Putra Putri Terbaik Kuansing
    08 Riau Rajai Sumatera Permainan Tradisional PKN
    09 Bupati Mursini Sampaikan Paparan Keberhasilan Daerah
    10 Polres Kuansing Gelar BINLAT
    11 Alfedri: Wadah Inilah yang Akan Mengakomodir Anak Siak Kreatif
    12 Bupati Serahkan 103 Penghargaan
    13 Pemkab Siak Gelar Festival Siak Bermadah dan Festival Kabupaten Lestari
    14 Polsek Tenayan Raya Bekuk Pelaku Tindak Pidana Curat
    15 80 Guru SD di Meranti Ikuti Pelatihan Program PKP Berbasis Zonasi
    16 LAMR Segera Kumpulkan Elemen Masyarakat Terkait Blok Rokan
    17 Gubri: Alhamdulillah, Banyak Sekali Temuan Menarik
    18 Besok, UIR Gelar Gerak Jalan Santai dan Family Gathering
    19 Halim - Komperensi Sampaikan Komitmen
    20 Ahad, 4 Alumni Al Azhar Kantor Riau Ikut Bursa Pemilihan Ketum
    21 PPI Terbitkan Buku Antologi Puisi Palung Tradisi
    22 Gagak Hitam Siap Ciptakan Situasi Kondusif di Meranti
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public