Kanal

Aherson: Bagus untuk Kesehatan Masyarakat

Baserah, Hariantimes.com - Vaksin MR atau singkatan dari Measles (M) and Rubela (R) adalah pengganti Vaksin MMR yang sudah menghilang dari pasaran. 

Vaksin ini diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella (campak Jerman). Dan hal ini perlu disosialisasikan ke masyarakat, sebab Vaksin MR ini lebih besar manfaatnya ketimbang mudoratnya.

Demikian dikatakan oleh Ketua Komisi V DPRD Riau yang membidangi Pendidikan, Kesehatan, Kesejahteraan dan Tenaga Kerja Aherson SSos MSi kepada media ini usai bersilaturahmi bersama Kepala Desa se Kecamatan Kuantan Hilir dan Inuman serta masyarakat di salah satu warung kopi di Baserah, pada Ahad (09/09/2018).

"Intinya bersilaturahmi sekaligus sosialisasi terkait Vaksin Measles Rubela atau MR, dan meluruskan isu-isu yang berkembang terkait vaksin itu ditengah masyarakat. Sehingga menjadi momok terhadap masyarakat kita," ungkap Aherson.

"Vaksin ini harus dilaksanakan. Banyak dampak baik jika dilaksanakan, dari pada tidak dilaksanakan malah besar efeknya. Contohnya, kalau tidak di vaksin bisa mengalami lumpuh permanen (seumur hidup) akibat campak itu," kata Aherson.

Dikatakan Aherson lebih lanjut, jangan sampai isu-isu yang beredar tingkat nasional malah mengorbankan kesehatan masyarakat banyak. "Isunya di tingkat nasional kan seperti itu, dimana fatwa MUI mengatakan melarang, tapi setelah itu keluar lagi yang baru mengatakan kalau tak ada yang lain lagi boleh. Ini kan membingungkan masyarakat jadinya," ujarnya.

"Kita bukan menyuruh orang makan yang haram, tapi ini obat untuk kesehatan. Agama dengan kesehatan jangan campur aduk," lanjutnya. "Antara MUI dan pihak Kesehatan kita minta duduk bersama, MUI juga harus mengeluarkan fatwa itu secara klinis dan berikan solusi yang terbaik," tambahnya.

Selain bersosialisasi dan bersilaturahmi tersebut, Ketua Komisi V DPRD Riau Aherson juga mengatakan kunjungannya terhadap masyarakat ini juga dalam rangka tahun baru Islam 1 Muharram. "Karena, yang pertama silaturahmi itu bisa memperpanjang umur. Kemudian menyampaikan aspirasi-aspirasi yang sudah di laksanakan kepada masyarakat, baik selaku ke dewanan maupun pribadi," ujarnya.(hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler