Kanal

Spillway Gate Waduk PLTA Koto Panjang Masih Dibuka 3 Pintu

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pintu pelimpah (spillway gate) Waduk PLTA Koto Panjang masih dibuka 3 pintu dengan ketinggian masing-masing 30 cm. 

Sedangkan total besaran outflow rata-rata per jam, sebesar 500 m3/detik (outflow pintu pelimpah 150 m3/detik + outflow turbin 350 m/detik) dengan inflow rata2 jam 320 m3/detik.

"Elevasi waduk pagi ini jam 08.00 WIB terbaca 82.14 mDPL. Elevasi ini ada penurunan setinggi 36 cm dari elevasi waduk 1 minggu yang lalu. Ini disebabkan Air keluar/outflow (pintu pelimpah + turbin) lebih besar dari Air masuk waduk/inflow," terang Manajer Unit Layanan PLTA Koto Panjang, Muhammad Rusdi melalui saluran whatsapp, Kamis (29/11/2018).

Dari foto awan dan info BMKG satu minggu ini, ungkap Rusdi, cuaca dan curah hujan di sisi hulu sangat sedikit.

"Dan hasil pengamatan kami terhadap kenaikan elevasi sungai Kampar Kanan dan sungai Batang Mahat cenderung juga normal/stabil. Dan untuk menjaga ketersediaan energi (air) sebagai energi untuk operasional PLTA Koto Panjang, berdasarkan “Water Management” dan perhitungan kami hari ini, maka kami pihak Manajemen PLTA Koto Panjang mengambil kebijakan untuk menutup semua pintu pelimpah yang dibuka pada hari Kamis (29/11/2018), Jam 12.00 WIB," beber Rusdi.(ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler