Kanal

Bersih-bersih Paham Radikal dan Intoleran di Kalangan ASN, Kemenag Riau Libatkan Ormas Islam

Pekanbaru, Hariantimes.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Riau senantiasa melibatkan ormas Islam untuk membersihkan paham radikalisme dan intoleran di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain,
Merah Putih Talk Sesi 2 dengan pembahasan bersih-bersih paham radikal dan intoleran. Kegiatan ini menghadirkan pembicara Kapolda Riau, Ketua GP, Ansor, staf khusus Menteri Agama dan Kakanwil
Kemenag Riau, pada tanggal 03 Februari 2021. 

Kemudian pada tanggal 17 Februari 2021, Dialog Indonesia Rukun dengan Tokoh Agama dan Pemuda yang ditaja oleh Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kakanwil Kemenag Riau, Kakan Kemenag Kota Pekanbaru, Ketua GP. Ansor Riau dan Kapoltabes Kota Pekanbaru.

"Dalam beberapa kegiatan yang telah kita laksanakan, bersinergi dengan GP Ansor Riau. Hal ini karena Kakanwil Kemenag Riau. Tidak hanya di Kota Pekanbaru, kegiatan serupa juga dilakukan di Kemenag Kabupaten Meranti, pada tanggal 18 Februari 2021, dengan narasumber Kakanwil Kemenag Riau dan Kapolres Kabupaten Meranti, yang diikuti oleh ASN Kemenag, Tokoh Agama yang tergabung dalam FKUB Meranti, Ormas dan OKP Pemuda," beber Kepala Kakanwil Kemenag Riau Dr H Mahyudin MA saat jumpa pers di Pekanbaru, Minggu (06/06/2021).

Menjelang bulan suci Ramadhan lalu, sebut Mahyudin, digelar Halaqoh Kebangsaan di Kemenag Kabupaten Kampar, (10/04/2021) menghadirkan Kakanwil Kemenag Riau, KH Ahmad Nadhif Mujib, Pengasuh Pondok Pesantren Nahdatul Thalibin Tayu Pati, Ketua GP Ansor dan Kakan Kemenag Kampar.

"Jadi kita di Kanwil Kemenag Riau sangat serius dalam hal bersih-bersih paham radikal dan paham intoleran, baik itu bagi ASN Kemenag, Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat," tegas Mahyudin.

Selain itu, Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru juga melaksana kegiatan Dialog Bersih-bersih Faham Radikal dan Intoleren Bersama Polda Riau, (06/04/2021). Diikuti tokoh agama dan
pemuda lintas agama. Perwakilan Ormas Keagamaan dan OKP di Kota Pekanbaru.
Kedepan kita akan terus menggesa kegiatan serupa di Kemenag Kabupaten/kota yang belum melaksanakannya.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler