Kanal

Kompol Hanafi Diamanahkan Pimpin Matur Saiyo Pekanbaru

Pekanbaru, Hariantimes.com - Kapolsek Tenayan Raya Kompol M Hanafi Sutan Mudo akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Matur Saiyo Pekanbaru masa bakti 2018-2021.

M Hanafi Sutan Mudo terpilih secara aklamasi lewat musyawarah besar (mubes) II Persatuan Matur Saiyo Pekanbaru tahun 2018 yang berlangsung di Gedung Balai Pertemuan Matua Saiyo, Jalan Tanjung, Kelurahan Tangkerang Labuay, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Minggu (14/10/2018) pagi mulai pukul 09.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Mubes II Persatuan Matua Saiyo yang digawangi Kusmal Zen ini dihadiri sekitar seratusan warga Pekanbaru asal Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Yakni terdiri dari ninik mamak, angku-angku (paman), mak tuo (mak tua), etek (tante), uda (abang), uni (kakak) dan unsur pemuda serta pemudi Matur Saiyo Pekanbaru.

Kompol M Hanafi Sutan Mudo yang sebelumnya menjabat Kapolsek Pekanbaru Kota ini terpilih melalui proses penjaringan bakal calon yang dilakukan Panitia Musyawarah Besar II Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru.

Dimana, ada 11 nama bakal calon yang terjaring panitia mubes lewat formulir penjaringan yang diedarkan ke warga Pekanbaru asal Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat maupun whatsapp group Palanta Matua Saiyo dan whatsapp group Palanta Matua Sukajadi.

Dari 11 nama bakal calon itu, 4 orang bakal calon menyatakan dirinya tidak bersedia maju pada proses pemilihan calon ketua. Keempat bakal calon itu masing-masing demisioner Ketua Matua Saiyo Pekanbaru Inlaswardi Tanjung Sutan Rangkayo Alam, demisioner Wakil Ketua Matua Saiyo Pekanbaru Zulmiron Sutan Rangkayo Bungsu, H Yuzirman Sutan Malano dan Kusmal Zen. Sedangkan 6 bakal calon yang karena tidak hadir pada mubes tersebut, langsung dinyatakan gugur oleh pimpinan sidang yang diketuai Ir Hendry Jaya Sutan Endah didampingi anggota sidang John Rizal Sutan Saidi dan Zulmiron Sutan Rangkayo Bungsu.

"Karena hanya tinggal satu calon yang tersisa yakni M Hanafi Sutan Mudo, untuk itu kepada peserta mubes kami meminta persetujuannya untuk aklamasi saja. Apakah bapak/ibu saudara/i setuju?," tanya Ketua Sidang Ir Hendry Jaya Sutan Endah.

Mendapat pertanyaan pimpinan sidang tersebut, peserta mubes yang berjumlah sekitar 100 orang itu langsung kompak menjawab "Setuju".

Atas persetujuan peserta mubes agar M Hanafi Sutan Mudo dipilih dengan aklamasi, pimpinan sidang saat itu juga langsung meminta M Hanafi Sutan Mudo untuk menyampaikan pernyataan kesediaannya untuk dipilih yang kemudian ditetapkan sebagai Ketua Matur Saiyo Pekanbaru masa bakti 2018-2021, sekaligus menyampaikan kata sambutan serta visi misinya.

Dalam sambutannya, M Hanafi Sutan Mudo menyampaikan, tadi ada penjaringan. Dan dalam penjaringan, tidak ada kata setuju dan tidak setuju. 

"Ini berarti, beban sudah diletakkan ke pundak kami. Artinya, kami siap untuk membantu dan menjadi pengurus di Persatuan Matua Saiyo ini. Cuma, banyak hal yang menjadi pemikiran kami. Seperti di dalam tata tertib mubes tadi, dimana pada pasal 8 tidak bisa kami masuk disitu. Yakni harus ada kepengurusan di rayon. Mungkin yang harus segera dicoret. Kemudian, halangan bagi juga banyak. Di antaranya kami masih aktif. Saya masih dinas. Dimana sekarang saya menjabat Kapolsek Tenayan Raya. Jadi tidak menutup kemungkinan, besok-besoknya misalnya dipindahkan ke Kampar atau Pelalawan. Karena mohon maaf, saya diberi Allah SWT pangkat perwira menengah. Jadi, saya tidak bisa berada di satu tempat atau di Pekanbaru saja. Itu tidak bisa. Dan ini harus kita pikirkan bersama. Apakah nanti saya bisa mengemban amanah ini. Karena masa pensiun saya masih 4 atau 5 tahun lagi. Jadi ini harus kita pikirkan ulang kembali. Kalau memang bapak atau ibu bersedia, saya siap saja. Namun dalam hal ini harus dipertimbangkan ulang," papar Hanafi.

Ditempat terpisah, Pembina Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru H Yuzirman Sutan Malano menyampaikan, dirinya bangga dan sukacita serta mengucapkan selamat kepada Hanafi Sutan Mudo yang telah terpilih secara aklamasi melalui proses demokrasi sebagai Ketua umum Matua Saiyo yang baru.

"Semoga selalu diberi kekuatan dan  kesehatan dalam menjalankan tugas negara dan tugas sosial kemasyarakatan Matua Saiyo ini. Dan kepada Inlazwardi Tanjung, saya mengucapkan salut dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasinya yang luar biasa selama kurun waktu 12 tanpa mengenal lelah memimpin Matua Saiyo. Semoga organisasi kita ini makin terasa manfaatnya baik bagi kita dirantau maupun dunsanak kito (saudara kita) di kampuang (kampung). Semoga apa yang kita lakukan mendapat ridho Allah SWT," ujar calon legislatif (caleg) DPRD Kota Pekanbaru dari Partai Bulan Bintang (PBB) daerah pemilihan (dapil) 1 Sukajadi, Pekanbaru Kota dan Limapuluh ini.(ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler