Kanal

Warga Matua Pekanbaru akan Pilih Nahkoda Baru

Pekanbaru, Hariantimes.com - Jika tidak aral melintang, Minggu (14/10/2018) pekan depan, warga Matur (Matua), Kabupaten Agam, Sumatera Barat, yang berdomisili di Kota Pekanbaru, akan memilih nahkoda (ketua) baru.

Tahapan pemilihan melalui musyawarah besar (mubes) II ini akan berlangsung di Gedung Balai Pertemuan Matua Saiyo Pekanbaru, Jalan Tanjung, Kelurahan Tangkerang Labuay, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

Ketua Panitia Mubes II, Kusmal Zen menyebutkan, acara mubes ini digelar karena masa kepengurusan Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru yang dipimpin In Laswardi Tanjung Sutan Rangkayo Alam sudah berakhir. Dan sesuai perintah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi, maka mubes harus disegerakan dilaksanakan untuk memilih ketua yang baru.

"Insya Allah, untuk menuju ke tahapan mubes segala kelengkapan administrasi sudah disiapkan panitia. Seperti undangan untuk peserta mubes, rancangan atau draft AD/ART organisasi, round down acara, tata tertib mubes dan absensi peserta mubes semuanya sudah disiapkan," ungkap Kusmal Zen yang bergelar Sutan Ma'aruf ini saat rapat persiapan mubes II di Gedung Balai Pertemuan Matua Saiyo Pekanbaru, Jalan Tanjung, Kelurahan Tangkerang Labuay, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Minggu (07/10/2018).

Eapat tersebut dihadiri sejumlah pengurus Matua Saiyo Pekanbaru. Antara lain M Hanafi Sutan Mudo, H Yuzirman Sutan Malano, Zulmiron Sutan Rangkayo Bungsu, Jon Rizal Sutan Saidi, Azwar Acang Sutan Mantari, Sudirman MS Sutan Saidi, Eldi Fitra, Arlin Sutan Pamenan dan Hengky dari unsur pemuda Matua.

Kusmal Zen mengatakan, sampai saat ini persiapan mubes II sudah hampir rampung. Dimana proses penjaringan calon untuk dijadikan bakal calon ketua sudah dilakukan melalui group whatsapp Palanta Matua, group whatsapp Matua Saiyo Sukajadi maupun menggunakan formulir yang langsung diedarkan ke seluruh warga Matua di rayon masing-masing.

"Pada mubes II nanti, nama-nama calon yang terjaring akan dimintai kesiapannya untuk dicalonkan. Jika muncul tiga atau dua nama calon yang bersedia maju, maka proses pemilihan melalui voting. Jika hanya satu nama calon saja yang muncul, maka langsung aklamasi," terang Kusmal Zen.

Oleh karena itu, imbau Kusmal Zen, kepada seluruh warga Matua yang sudah berusia 17 tahun ke atas mari beramai-ramai hadir di Gedung Balai Pertemuan Matua Saiyo Pekanbaru pada Minggu (14/10/2018) pekan depan. 

"Mari sukseskan acara mubes II nanti. Setiap suara akan menentukan kemajuan organisasi Matua Saiyo Pekanbaru kedepan," ajak Kusmal Zen.(ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler