Kanal

Danrem 031/WB: TNI-Polri Ibaratkan Saudara Kandung

Pekanbaru, Hariantimes.com - TNI dan Polri yang ada di Provinsi Riau diibaratkan sebagai saudara kandung. 

Kenapa tidak? KarenaTNI-Polri saling mengisi dan memberi dalam hal menciptakan keamanan, kedamaian. Hal ini merupakan wujud sinergitas TNI-Polri yang ada di Provinsi Riau. 

Itu disampaikan Danrem 031/Wira Bima, Sonny Aprianto SE MM dalam sambutannya saat menerima kedatangan Waka Polda Riau Brigjen Pol Permadi dan rombongan pejabat utama Polda Riau, kemarin.

Kedatangan rombongan Waka Polda Riau ini dalam rangka memberikan surprise HUT ke-73 TNI kepada Danrem 031/WB beserta jajarannya.

Surprise HUT TNI ke-73 yang diberikan oleh Polda Riau ini dilaksanakan di Makorem 031/WB Jalan Mayor Ali Rasyid Pekanbaru dengan melakukan pemotongan Tumpeng oleh Danrem 031/WB. Selanjutnya diberikan kepada Irwasda Polda Riau dengan diiringi lagu Selamat Ulang Tahun Jamrud oleh Polwan Polda Riau dan anggota Lainnya.

Dalam sambutannya, Danrem 0311/WB juga menyampaikan terima kasih atas surprise yang diberikan ini. 

Dan dikesempatan itu juga, Danrem 031/WB menyampaikan, 5 Oktober merupakan tonggak sejarah Tentara Nasional Indonesia (TNI). Karena pada 5 Oktober 1945, TNI secara Resmi hadir sebagai kekuatan bersenjata Negara Kesatuan Republik Indonesia setelah mengalami beberapa kali pergantian nama.

"TNI lahir dalam kancah perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda yang berambisi untuk menjajah Indonesia kembali melalui kekerasan senjata," sebut Danrem 031/WB.

TNI, sebut Danrem, merupakan perkembangan organisasi yang berawal dari Badan Keamanan Rakyat (BKR). Selanjutnya pada 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Dan untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer international, dirubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). 

Dalam perkembangan selanjutnya, usaha pemerintah untuk menyempurnakan tentara kebangsaan terus berjalan, seraya bertempur dan berjuang untuk tegaknya kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat. Maka pada 3 Juni 1947 Presiden mengesahkan dengan resmi berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI)," terang Danrem.

Sementara itu, Wakapolda Riau juga menyampaiakan selamat HUT TNI ke-73 kepada TN, dalam hal ini Korem 031/WB. 

Sebelumnya Wakapolda menyampaikan permohonan maaf Kapolda Riau yang sediannya akan langsung memberikan surprise ini. Karena ada tugas yang tidak bisa di ltinggalkan, Kapolda mewakilkan kepada Wakapolda dengan membawa Pejabat Utama Polda Riau untuk turut serta.(*/ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler