Kanal

KPU Meranti Terima Pendaftaran Calon PPS

Meranti, Hariantimes.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini sedang menerima pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara  (PPS).

Pendaftaran dimulai tanggal 18 sampai 24 Februari 2020 di kantor camat masing masing.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Kepulauan Meranti telah mengumumkan penetapan hasil seleksi tes wawancara calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Sabtu, (15/02/2020) lalu.

Hasil seleksi tes wawancara calon anggota PPK di Kabupaten Kepulauan Meranti pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti Tahun 2020 itu melalui surat pengumuman nomor:114/PP.04.2-PU/1410/KPU-Kab/II/2020.

"Semua hasil wawancara kemaren kemudian dilantik, pada tanggal 29 Febuari 2020. Dari 10 hasil wawancara, diambil sebanyak 5 orang akan dilantik di setiap kecamatan," ujar Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid SPd melalui Kordiv Parmas dan SDM KPU Kepulauan Meranti, Hanafi SSos ketika dijumpai di ruang kerjanya Selasa (18/02/2020) Siang.

Dengan diumumkannya hasil seleksi tes wawancara tersebut, katanya, peserta terpilih sesuai dengan urutan peringkat teratas sebagaimana yang tercantum pada lampiran pengumuman. Yakni terdiri atas lima orang, peringkat satu sampai lima sebagai calon anggota PPK terpilih.

"Adapun masa tanggapan masyarakat terkait pengumuman calon anggota PPK akan berlangsung selama tujuh hari, mulai saat diumumkannya pada 15 hingga 21 Februari 2020 mendatang," beber Hanafi.

Masih kata Hanafi, tanggapan masyarakat bisa melaporkan langsung ke KPU Kepulauan Meranti secara tertulis, dengan membawa fotokopi KTP pelapor dan disertai dengan alat bukti.

"Setelah mendapatkan tanggapan dari masyarakat, kita memiliki waktu selama empat hari untuk melakukan klarifikasi atas laporan tersebut, dan pengumuman akhir akan dilaksanakan diantara 26 sampai 28 Februari. Kemudian pelantikan anggota PPK terpilih akan dilaksanakan 29 Februari 2020 mendatang,"jelasnya.

Kendati demikian, dalam 15 tugas wewenang PPK iyalah tugas PPK yakni membantu Kabupaten kota dalam memutahirkan data pemilih data DPD dan DPT., Membantu KPU Kabupaten dalam Pemilu dan pilkada di kecamatan.

"Saat ini kita lagi menerima pendaftaran calon PPS panitia pemungutan suara mulai tgl 18 sampai 24 Februari 2020 di kantor camat masing masing," ucap Hanafi.

Selain itu, Penyusunan data pemilih mulai tanggal 23 Maret 2020 sampai 17 April 2020 Penyusunan daftar pemilih oleh KPU Kabupaten dan penyampaian kepada PPS.

"Penyusunan data itu, dari daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang di turunkan oleh Kemendagri ke KPU," tukasnya.(*)


Penulis : Tengku Harzuin

Berita Terkait

Berita Terpopuler