Kanal

Bupati Puji Masyarakat dan Pelaksanaan Kuantan Hilir Terbaik

Baserah, HarianTimes.com - Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2021 Tingkat Kabupaten di Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Kamis siang (13/2/2020) diganjar pujian oleh Bupati H Mursini akibat kekompakkan masyarakat dan pelaksanaan terbaik.

Bupati Mursini didampingi para Asisten, Kepala OPD, Kabag serta jajaran pejabat dilingkup Pemkab Kuansing, memberikan apresiasi dan menyatakan bahwa dari 8 kecamatan yang telah melaksanakan Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Tahun Anggaran 2021, barulah Kecamatan Kuantan Hilir yang begitu meriah dan kompak dalam pelaksanaannya.

Hal itu kata Bupati, tampak dari antusias dari semua unsur masyarakat yang hadir. "Ditambah lagi dengan suguhan pawai yang menampilkan tradisi masyarakatnya, yakni penampilan 'Sasampek' dalam pawai yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat," ungkap Mursini. Pada kegiatan yang dilangsungkan di Halaman Kantor Camat Kuantan Hilir itu.

"Apalagi dalam penampilan pada saat pawai berlangsung, masyarakat membawa dengan cara menjujung (dibawa diatas kepala) Sasampek atau yang juga sering disebut Jambae oleh masyarakat dalam perayaan tradisi setempat. Dan diisi tidak hanya dengan kue khas daerah, bahkan hasil pertanian pun di pamerkan dalam rangkaian Sasampek ini," kata Bupati.

"Hal ini sangat luar biasa, kental dengan adat istiadat yang bernuansa khas daerah setempat. Ini patut diapresiasi dan patut jadi contoh," tambahnya.

Kalau bisa, kata Bupati, ia berharap hal seperti ini juga ditampilkan dalam ajang atau kegiatan lainnya, seperti pembukaan pacu jalur yang merupakan perhelatan kebudayaan Kabupaten Kuansing. "Ini bisa jadi ajang promosi wisata, dan daerah kita. Lokal tapi menarik, dan sangat ekonomis serta merakyat. Cocok dengan culture atau kebudayaan daerah kita," ucap Bupati. Seraya disambut dengan gegap gempita tepukan tangan tamu yang hadir.

Terakhir, Bupati Mursini memberikan penilaian positif terhadap penampilan tersebut. Bupati juga memberikan sejumlah bantuan terhadap kreatifitas ibu - ibu PKK se Kuantan Hilir yang turut serta dalam pawai membawa Sasampek atau Jambae dalam pawai tersebut.

Sementara itu Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kuansing yang sudah memuji penampilan masyarakatnya tersebut. Tidak hanya itu, para Kades dan Lurah yang hadir dengan seragam atribut lengkap PDH juga menuai ucapan apresiasi dan manjadi kades terkompak.

Pasalnya, selama kegiatan berlangsung tidak satupun Kepala Desa atau Kades yang meninggalkan lokasi kegiatan, bahkan tetap duduk di tempat yang sudah dipersiapkan panitia kegiatan.

"Kita tidak menyangka para kades di kecamatan yang saya pimpin ini begitu luar biasa atusiasnya dalam mengusulkan sejumlah program pembangunan secara bergantian," ungkap Camat Jhon Pitte Alsi.

"Secara pribadi, maupun pemerintahan kecamatan, kita bangga dengan kekompakkan para kades dan masyarakat serta Upika kecamatan yang hadir dan mengikuti kegiatan ini," kata pria yang akrab disapa Pitte itu.

"Kedepannya, kita berharap kekompakan ini bisa tetap terpupuk atau terjaga dan berlanjut disegala bidang maupun lini kedepannya," ucap Camat terharu.

Selain itu, pada kegiatan yang dihadiri oleh para Upika Kecamatan, Kades, Lurah, Ketua BPD, tokoh dan sejumlah unsur lainnya itu, Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi juga menyampaikan paparan usulan skala prioritas.

Dimana kata Camat Jhon Pitte Alsi, Kuantan Hilir saat ini sangat membutuhkan pembangunan pengaspalan jalan Desa Pulau Kijang - Kelurahan Pasar Usang. Jalan ini tepatnya menuju dan berada di sepanjang arena pacu jalur Baserah, dengan panjangnya 2 KM," jelas Pitte.

Kemudian pengaspalan jalan Desa Dusun Tuo - Gunung Melintang sepanjang 3 KM, pengaspalan jalan Desa Rawang Bonto - Teratak Baru sepanjang 3 KM, pembangunan Kantor Desa Simpang Pulau Beralo, Teratak Baru, Kampung Tengah, dan Kelurahan Pasar Baru Baserah sebanyak 4 unit, papar Pitte.

Lanjutnya, Camat Kuantan Hilir juga mengusulkan pembangunan drainase sekelililng Pasar Baru Baserah dan Sumur Bor sebagai sumber air bersih sebanyak 1 unit. Ditambah lagi, pembangunan pengaspalan jalan menuju Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Kelurahan Pasar Baru Baserah sepanjang 2 KM.

Lebih lanjut, ia juga membacakan usulan pengaspalan lanjutan jalan Desa Pulau Madinah - Kepala Pulau sepanjang KM, pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) se Kecamatan Kuantan Hilir yang terletak disejumlah desa sebanyak 160 unit, revitalisasi  Gedung Berondo Baserah, kalau bisa secara keseluruhan agar bisa dimanfaatkan kembali sebagai pusat kegiatan masyarakat kedepannya," pinta Camat.

Seterusnya, peningkatan jalan Produksi Pertanian Desa Simpang Pulau Beralo - Pulau Kijang sepanjang 2 KM, pengadaan bibit kelapa sawit untuk Kuantan Hilir seluas 160 Ha, serta Turap penahan tebing Sungai Kuantan yang berada di sepanjang arena pacu jalur Baserah dengan panjang 300 Meter," tutup Jhon Pitte Alsi. ***

Editor/Penulis : Dt Hendra RP

Berita Terkait

Berita Terpopuler