Kanal

Bupati Mursini Minta Penyuluh Lebih Intensif Bina Peternak Sapi Indukan

Teratak Jering, HarianTimes.com - Bupati Kuansing H Mursini minta kepada para penyuluh peternakan untuk lebih intensif dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat peternak sapi, agar bisa dijadikan sapi indukan atau sapi peranakan.

Hal itu disampaikan Bupati Kuansing saat membuka Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Tahun Anggaran 2021 di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang (KHS), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Kamis pagi (13/2/2020) di Halaman Kantor Camat KHS.

Dimana dikatakan Bupati, hal ini sangat berguna untuk peningkatan perekonomian di sektor peternakan Kuansing kedepannya.

"Karena tingkat keberhasilannya tipe sapi indukan ini lebih tinggi, bahkan lebih menjamin induk sapi indukan bunting dan melahirkan anak sapi nantinya," ujar Bupati.

Bahkan kata Bupati, ia mengatakan bahwa sapi indukan tersebut sagat jarang sekali gagal bunting dan melahirkan. "Tingkat keberhasilannya rata rata 100 persen. Dan sapi jenis ini tidak memerlukan lagi sapi jantan, karena sapi indukan ini dilakukan kawin dengan cara disuntikan," jelas Bupati.

Maka dari itu, ia menyarankan kepada para penyuluh peternakan untuk senantiasa berada dan mendampingi para petani peternak sapi. "Berikan pembinaan serta pemahaman terkait sapi indukan ini kepada masyarakat peternak sapi kita. Agar peternak sapi kita bisa faham dan mengerti tentang sapi indukan tersebut," pinta Bupati.

Sementara itu, dalam kegiatan Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten di KHS tersebut, Camat Kuantan Hilir Seberang, Novrion menyampaikan usulan sejumlah program prioritas yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Adapun sejumlah usulan prioritas program pembangunan di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang yang disampaikan Camat Novrion tersebut, diantaranya berupa peningkatan kwalitas pengaspalan jalan kabupaten di Desa Teratak Jering - Kasang Limau Sundai sepanjang 1 KM.

Kemudian, lanjutnya, Pengaspalan jalan Desa Teratak Jering - Rawang Oguang sepanjang 1,2 KM, dan sebagainya. "Pembangunan Jembatan Sungai Kukok yang berada di Desa Rawang Oguang sepanjang 55 x 4 M. Dimana jembatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat alias manfaat orang banyak," jelas Camat KHS, Novrion.

Selain itu, ia juga mengusulkan pembangunan turap penahan tebing Sungai Kuantan, yang mana ini bersifat sangat mendesak, yakni di Desa Pelukahan, Lumbok dan Pulau Kulur yang masing masing sepanjang 1 KM, dan Desa Tanjung sepanjang 250 Meter, paparnya.

"Dimana saat banjir terjadi, daerah ini sangat terdampak dan dikhawatirkan bisa menambah kerugian daerah maupun masyarakat nantinya. Untuk itu, kami berharap agar hal ini bisa di realisasikan segera oleh Pemkab Kuansing," pinta Novrion.

Turut hadir mendampingi Bupati Kuansing H Mursini, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, serta jajaran pejabat di Pemkab Kuansing lainnya.

Hadir pula jajaran Upika Kecamatan KHS, seperti Kapolsek Kuantan Hilir AKP Tapip Usman, Danramil 07/ KH Kapten Inf Legimin, serta Upika lainnya. Hadir juga para Kades, Ketua BPD, PKK, serta tokoh se KHS. ***


Editor/Penulis : Dt Hendra RP

Berita Terkait

Berita Terpopuler