Kanal

SPS Riau Terbaik Nasional

Banjarmasin, Hariantimes.com - Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau kembali meraih penghargaan SPS Terbaik Nasional.

Penghargaan itu diserahkan pada malam puncak Awarding Night SPS yang bertajuk Kreasi yang Menginspirasi Negeri di Hotel Mercure Banjarmasin, Jumat (07/02/2020) malam.

Sementara terbaik kedua dan ketiga adalah SPS Sumatera Utara dan SPS Banten.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua Harian SPS Pusat Januar P Ruswita kepada Ketua SPS Riau H Zulmansyah Sekedang didampingi Bendahara Umum Oberlin Marbun.

Ketua Harian SPS Pusat Januar P Ruswita berharap dengan ditetapkannya SPS Riau sebagai SPS Terbaik Nasional dapat memotivasi SPS-SPS lain untuk melakukan hal yang sama, terutama dalam kegiatan-kegiatan. Dimana diketahui, pada kondisi saat ini harus bisa mencari potensi-potensi yang diarahkan sebagai sumber pendapatan baru.

"Mudah-mudahan SPS Riau bisa menginisiasi nanti ada workshop-workshop yang bisa mendatangkan sumber pendapatan baru. Selamat untuk SPS Riau," ucap Direktur Bisnis Pikiran Rakyat ini di sela-sela acara  Awarding Night SPS.

Ketua Harian SPS Pusat ini juga mengatakan, pihaknya juga mendorong SPS-SPS daerah lain untuk melaksanakan kegiatan. Dimana nanti SPS Riau bisa menjadi narasumber untuk SPS di daerah lain. Apa kegiatan yang perlu dilakukan untuk kegiatan yang sama.

"Kita sangat objektif menilai. Dan SPS Riau saya nilai kegiatannya cukup bagus dan semua itu bisa terus dinamis dilakukan," ujar Januar seraya menjelaskan, indikator yang menjadi penilaian utama dalam Awarding SPS tentunya bagaimana kreativitas media dalam mengolah perwajahannya supaya menarik. Selain itu, bagaimana pula media menimbulkan efek psikologis kepada masyarakat untuk memperkuat peran media sebagai sumber informasi yang terpercaya.

"Sekarang infografis sudah sangat menarik dan dinamis. Ini yang dibutuhkan di era disrupsi ini. Apalagi banyak informasi hoax yang banyak menyerbu media sosial. Jadi masyarakat bisa dapatkan informasi yang benar dan teruji kebenarannya," kata Januar.

Dikesempatan yang sama, Ketua SPS Riau H Zulmansyah Sekedang menyampaikan, bahwa SPS Riau sudah keempat kali meraih penghargaan. Dan ini sebuah prestasi yang membanggakan bagi SPS Riau.

"Apa trik-trik sehingga SPS Riau terus meraih prestasi di SPS Awards ini? Pertama dari sisi kegiatan, memang kawan-kawan pengurus SPS Riau itu aktif. Dan kita bukan hanya kegiatan di tingkat nasional, bahkan internasional. Misalnya internasional, kita membawa teman-teman pimpinan media melakukan studi manajemen media ke Ho Chi Minh, Vietnam. Kita belajar ke beberapa media internasional. Nah secara nasional, kita juga berkunjung ke beberapa media yang ada di Indonesia. Misalnya ke Jawa Pos dan ke Bali. Dan kita juga menggelar kegiatan-kegiatan sosial yang selalu ada di SPS. Terutama pada saat-saat Ramadhan," papar Zulmansyah didampingi Bendahara Umum PWI Riau Oberlin Marbun.

Di luar itu, sebut Zulmansyah, SPS juga mengumpulkan teman-teman media untuk bersatu dan kompak. Misalnya dalam menetapkan harga-harga iklan. 

"Karena, kita mengucapkan terima kasih kepada teman-teman SPS yang selalu bersatu dan kompak dalam setiap kegiatan. Sehingga SPS Riau kembali meraih penghargaan tertinggi sebagai SPS Terbaik Nasional tahun 2020 ini," ucap Zulmansyah yang juga Ketua PWI Riau ini.

Untuk diketahui, ada 165 penghargaan yang diserahkan kepada peserta Awarding SPS tahun 2020.  Dan pada ajang tahunan yang dimotori SPS ini, ada sebanyak 679 entri yang masuk dalam tahap penilaian. Penghargaan terbagi menjadi 4 kategori yaitu Indonesia Print Media Awards (IPMA), Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA), Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA), dan Indonesia Young Readers Awards (IYRA).

Karya-karya terbaik yang terpilih setelah melalui masa penjurian selama 3 bulan oleh 9 juri yang berasal dari SPS Pusat, akademisi, profesional dan yang lainnya.

Dan kompetisi ini diikuti ratusan  suratkabar baik mingguan, tabloid dan majalah mulai tingkat lokal hingga nasional.

Bahkan empat media meraih Gold Winner untuk kategori tata wajah sampul muka media cetak. Yakni Banjarmasin Post, Trjbun Jogja, Tribun Jambi dan Tribun Sumsel.(*)


Penulis: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler