Kanal

Martimbang Simbolon Bersuara Keras di Musrenbang Batang Gansal

Inhu, Hariantimes.com - Anggota DPRD Indragiri Hulu (Inhu), Martimbang Simbolon bersuara keras dan lantang saat memperjuangkan sejumlah usulan prioritas dalam naskah rencana pembangunan tahun 2021 di Kecamatan Batang Gansal, Rabu (05/02/2020).

Saking keras dan lantangnya suara yang keluar dari mulut anggota DPRD asal Daerah pemilihan (Dapil) II Inhu ini, membuat suasana Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Batang Gansal riuh tepuk tangan.

Disaksikan Kepala Bapeda Inhu Junaidi Rachmad dan sejumlah pejabat seperti Kepala dinas, kepala kantor, kepala badan dan kepala bagian serta Camat dan seluruh Kepala desa di Kecamatan Batang Gansal, Martimbang Simbolon meminta pembangunan inspratruktur jembatan, jalan, dan bangunan sekolah yang dibutuhkan masyarakat Kecamatan Batang Gansal tahun 2021 di realisasikan.

"Saya meminta perhatian khusus dari Pemda Inhu tentang pembangunan infrastruktur jembatan yang berada di Desa Usul, usulan pembangunan jembatan di Desa Usul itu sudah diusulkan sejak tahun 2015 lalu," tegas Martimbang Simbolon.

Dalam Musrembang itu, Martimbang Simbolon menyampaikan tentang kondisi rusaknya jembatan desa usul sangat memprihatiankan, jembatan tersebut merupakan urat nadi perekonomian masyarakat setempat. 

Jembatan desa usul menghubungkan beberapa desa, selain dilintasi untuk mengangkut hasil alam, seperti hasil pertanian, galian C jenis batu dan jembatan tersebut dilintasi kelompok masyarakat pasir dari hasil penambangan pasir.

Selanjutnta, Martimbang Simbolon juga menyampaikan, kondisi jembatan dusun kayu kawan KM 23 Desa Sungai Akar juga sangat memperhatinkan. Apa bila banjir jembatan tersebut bisa saja runtuh tergerus air sungai yang deras, hal ini juga menjadi pandangan prioritas bagi anggota dewan yang satu ini.

Tidak sampai disana, karna dirinya sering turun kelapangan untuk melakukan pengecekan jalan di Kecamatan Batang Gansal, dia juga mendapati kondisi Jalan simpang siambul dari aspal di timbun dengan tanah menjadi kropos tanah. kondisi jalan tersebut sangat menghawatirkan, banyak lobang disana-sini dan akan menjadi danau jika jalan simpang siambul tidak segara dilakukan pengaspalan.

Kemudian, kondisi jalan di Desa Penyaguan apa bila hujan, maka jalan desa itu akan terendam banjir, hal ini juga dia minta kepada Pemenerintah Daerah Kabupaten Indragiri hulu, mencari solusi terbaik agar tidak terjadi banjir di desa Penyaguan.

Dirinya juga menambahkan, tentang pendidikan di Kecamatan Batang Gansal, tepat Sekolah Dasar Negeri (SD Negeri 013) Desa Talang Lakat, bangunanya masih terbuat dari kayu dan ada beberapa ruangan kelas saja. Martimbang Simbolon juga mengusulkan pembangunan gedung baru Sekolah Menengah Pertama (SMP Negeri 02), lahan parkin di sulit menjadi rungan untuk mengajar siswa-siswi yang ada Desa sungai akar. 

Di lanjutkan Martimbang Simbolon, di SMP Negeri 03 di belakang kelas, tanah bangunan sekolah terus di gerus air apa bila hujan. Hal ini harus ada perhatian kusus pembangunan turap agar bangunan sekolah  tidak roboh.

Selanjutnya untuk Pukesmas di Kecamatan Batang Gansal, Fasilitasnya tidak memadai, toilet dan kamar mandi, semua terlihat kotor. Sementara pasien yang datang berobat kesana butuh kenyaman menggunakan fasilitas kesehatan pemerintah, melihat suasana Puskesmas tersebut, diminta perhatian kusus dari pemerintah daerah.(*)


Penulis: Giri Purnama

Berita Terkait

Berita Terpopuler