Kanal

Dua Warga Terlantar di Respons DSPMD, Pemdes Upayakan Yang Terbaik

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Beredarnya berita terkait adanya dua orang warga terlantar di Desa Kampung Medan Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Plt Kadis Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SPMD) Kuansing, Napisman menanggapi dengan reaksi cepatnya, ke titik lokasi sebagai alamat warga tersebut, Rabu (5/2/2020).

Dimana kedua warga yang merupakan berstatus jompo dan dalam keadaan terlantar itu, atas nama Hamzah (70) dan Agusman Rais alias Agut (72) sebagaimana dijelaskan Napisman belum memiliki KTP Kuansing.

Namun hal itu, kata Napisman, tidak menghambat bantuan yang secara pribadi tetap diupayakan pihak Pemda Kuansing melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) terhadap kedua orang jompo tersebut.

Dimana kedua orang jompo tersebut, menurut informasi tetangga nya Doni, ditelantarkan anak dan sanak keluarganya sudah hampir setahun lebih. Bahkan katanya, Hamzah dan saudaranya Agut itu selama ini hanya bertahan hidup dengan belas kasihan warga sekitar.

"Kadang saya ada rezeki berlebih, ya saya antarkan ke mereka," ujarnya, yang juga hanya bekerja serabutan itu.

Untuk itu, sebagai reaksi cepat pihak DSPMD terkait persoalan itu, Napisman mengirimkan tim PKH Ke kediaman kedua pria jompo di Desa Kampung Medan Baserah tersebut.

"Tadi secara pribadi kami sudah memberikan bantuan," terang Napisman.

Tidak hanya itu, Napisman juga meminta kepada pihak Pemerintahan Desa melalui Kepala Desa Kampung Medan, Yunda Apriadi supaya melengkapi semua dokumen kependudukan mereka agar bisa diusulkan dalam program bantuan sosial. "Kalau sudah lengkap data administrasinya, nanti kami usulkan masuk ke penerima bantuan Lansia," beber Napisman.

Ditempat berbeda Kades Kampung Medan, Yunda Apriadi kepada HarianTimes.com membenarkan pada Rabu malam (5/2/2020) di Baserah.

"Kita selaku pihak Pemerintahan Desa Kampung Medan sudah mengupayakan se maksimal mungkin, dan hasil komunikasi dengan pihak keluarga kedua warga kita Kakek Hamzah dan Agut, karena keduanya di KTP terdaftar sebagai warga Jakarta, dan pihak keluarga sudah berjanji akan menyiapkan semua kelengkapan data untuk pemindahan status ber KTP Kuansing," jelas Yuyun, demikian Kades Kampung Medan akrab disapa.

"Untuk langkah selanjut, kita akan tetap mengupayakan yang terbaik sebagai jalan keluar agar masyarakat kita ini bisa terbantu nantinya," tambahnya mempertegas. ***

Editor/Penulis : Dt Hendra RP

Berita Terkait

Berita Terpopuler