Kanal

Polda Riau akan Gelar Even Sumatera Jungle Run 2020

Pekanbaru, Hariantimes.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau akan menggelar even Sumatera Jungle Run 2020 pada 11 April 2020 nanti.

Even olahraga lari di kawasan hutan itu akan dikuti oleh seluruh komunitas di Riau serta pelari dari beberapa negara. 

Melalui even ini, diharapkan dapat menjaga kelestarian hutan dan lahan dan memperkenalkan lebih luas potensi aset pariwisata di Bumi Lancang Kuning.

"Hutan adalah karunia bagi umat manusia. Keberadaan dan ekosistemnya harus terus dijaga dan dilestarikan" ujar Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat membuka press conference Sumatera Jungle Run 2020 di Tugu Zapin Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (05/01/2020) pagi.

Menurut Kapolda, masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) selalu menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Riau. Untuk itu, semua pihak baik pemangku kebijakan dan seluruh masyarakat di Provinsi Riau mulai dari saat ini menyatukan energi positif untuk sama-sama berkomitmen meniadakan Karhutla pada tahun 2020 ini.

Komitmen yang kuat itu kata Agung, harus melalui proses mulai saat ini dengan sama-sama menjaga dan merawat serta menaati aturan dalam pencegahan terjadinya Karhutla di 2020.

"Even Sumatera Jungle Run 2020 ini akan membuktikan bahwa masyarakat Riau mampu menjaga hutan dan lahan sebagai anugerah Tuhan yang terbebas dari kebakaran" tegas Agung.

"Sumatera Jungle Run 2020 ini dipersembahkan oleh masyarakat Riau untuk menjaga kelestarian alam dan ekosistemnya, Polda Riau bangga menjadi bagian dalam even ini" tambah Agung.

Selain itu juga terang Agung, even terbesar di Sumatera ini bagian dari upaya membangun partisipasi masyarakat terhadap keletarian alam dengan berolahraga lari di dalam kawasan hutan. Karena nantinya iven tersebut akan digelar di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Kasim.

Terkait persiapan even itu sendiri terang Agung, panitia terus memenuhi standar penyelenggaraan Trail Run Internasional. Bahkan panitia telah mendaftarkan pada International Trail Run Associattion supaya dikenal lebih luas dan massif.

Pada even ini, Polda Riau bersinergi dengan berbagai pemangku kebijakan agar keterlibatannya lebih luas. Dengan menggandeng pihak BBKSDA Riau, KPHP Tahura, Dinas Pariwisata, serta Bupati Siak yang nantinya pada gelaran tersebut akan berada di wilayah setempat.

Dalam kesempatan tersebut, tampak hadir Wakapolda Riau Brigjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan serta Pejabat Utama nya, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Gubernur Riau yang diwakili oleh Kadispora dan Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi serta pihak BBSKDA.(*)


Editor: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler