Kanal

Bupati Mursini Kompak Layur Jalur Singa Kuantan

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Bupati Kuantan Singingi H Mursini menghadiri acara melayur jalur baru 'Singa Kuantan' Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Rabu malam (27/11/2019).

Bupati Kuansing H Mursini berharap agar jalur baru 'Singa Kuantan' ini bisa berprestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Kuantan Singingi umumnya, khususnya Hulu Kuantan dan wabil khususnya Desa Sungai Pinang nantinya.

Bupati juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu wujud kepedulian masyarakat terhadap kebudayaan Kuansing. Dimana sudah seabad lebih budaya pacu jalur masih tetap terjaga dan terus dilestarikan.

"Pacu jalur mencerminkan kegotong royongan, kekompakan masyarakat. Karena atas dasar ini lah pohon kayu yang dijadikan jalur bisa sampai ke Sungai Pinang, di layur (diang) dan siap untuk diikut lombakan disetiap ajang yang akan dilaksanakan nantinya," kata Mursini.

Usai berpidato, Bupati Mursini dan Komperensi yang merupakan Anggota DPRD Riau asal Kuansing dengan didampingi Sekda H Dianto Mampanini serta Camat Azisman melakukan dengan kompak penyulutan api perdana dalam pelayuran atau pendiangan jalur 'Singa Kuantan' Desa Sungai Pinang. ***


Editor/Penulis : Hendra Riko Purnomo

Berita Terkait

Berita Terpopuler