Kanal

Bupati Harris Resmikan Pilot Project Integrasi Sapi-Sawit di Kerumutan

Pelalawan, Hariantimes.com - Bupati Pelalawan HM Harris bersama Deputi Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)  Dr Ir Soni Solistia Wirawan meresmikan Pilot Project Integrasi Sapi-Sawit di Kecamatan Kerumutan, Jumat (11/10/2019).

Peresmian ditandai dengan membuka tirai papan lokasi, pemecahan kendi serta pelepasan perdana produk inovasi pakan ternak berbasis limbah sawit dari kelompok peternak Karya Lestari oleh Bupati Pelalawan HM Harris.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Elly Suryani, Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan Imustiar SIP, Kepala Bapeda M Syahrul Syarif, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pelalawan Mazrun, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syamsul Anwar, Kepala Dinas Koperasi Fakhrizal, Camat Kerumutan Husnizal, Kepala Desa, Ketua Kelompok Pelernakan Karya Lestari Beni Manggolo, serta tamu undangan.

Dikesempatan itu, Bupati Pelalawan HM Haris mengucapkan terimakasih atas pembinaan BPPT kepada Kelompok Peternak Karya Lestari dalam pengintegrasian sapi- sawit ini.

"BPPT selama 10 tahun telah bekerjasama dengan Kabupaten Pelalawan dan berhasil untuk dijadikan contoh bagi daerah lain dalam menerapkan integrasi sapi-sawit. Dan semoga, tujuan kita untuk menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai tempat wisata ternak dapat diwujudkan. Untuk mendukung semua itu, kita harapkan kerjasama berbagai pihak. Terutama perusahaan- perusahaan swasta yang berada di Kabupaten Pelalawan dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat untuk beternak Sapi," kata Bupati HM Harris seraya berharap kerjasama antara BPPT dan Kabupaten Pelalawan tidak berhenti sampai disini, karena untuk mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia sangat membutuhkan sentuhan teknologi.

Sementara Deputi Kepala BPPT Bidang TAB Dr Ir Soni Solistia Wirawan dalam sambutannya mengatakan, tugas BPPT adalah berinovasi. Untuk itu, BPPT selalu berupaya terus melakukan pengembangan teknologi. Salah satunya pengintegrasian Sapi-Sawit terhadap Kelompok Peternak Karya Lestari di Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan ini. 

"Perkebunan sawit mempunyai potensi besar dalam penyediaan pakan yang murah dan mudah. Sehingga dapat digunakan menjadi pakan ternak berkualitas," sebur Soni seraya berharap, intergrasi sawit sapi semoga dapat terus dikembangkan di daerah-daerah lain.

"Kami di BPPT siap membantu mengembangkan integrasi sapi-sawit guna meningkatkan populasi dan produktivitas ternak sapi," katanya.l

Ketua Kelompok Peternak Karya Lestari Beni Manggolo dalam sambutannya mengucapkan, terimakasih kepada BPPT yang telah bekerjasama melakukan pembinaan dan menerapkan bioteknologi terhadap Kelompok Karya Lestari. Sehingga bisa berkembang dan menjadi satu-satunya kelompok percontohan di Indonesia. Semoga kedepan Kelompok Peternak Karya Lestari bisa menjadi rujukan kepada kelompok ternak lainnya.

"Kami akan terus mengembangkan tekhnologi pengintegrasian Sapi-Sawit ini kedepannya. Mudah-mudahan kedepannya Kelompok Karya lestari ini dapat mengembangkan pengintegrasian Sapi-sawit ini di setiap kecamatan se Kabupaten Pelalawan ini," ujar Beni.(*)


Editor: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler