Kanal

Wiluyo: PLN Telah Selesaikan Penyambungan di 1.778 Desa

Siak, Hariantimes.com - Permintaan daya listrik di Provinsi Riau tumbuh pesat. 

Hal ini bisa dilihat dari data penjualan tenaga listrik di semester I tahun 2019 naik sebesar 145,2 GWh atau tumbuh sebesar 6,83 persen dari tahun lalu. 

"Dengan adanya pengoperasian pembangkit baru bisa mencukupi kebutuhan permintaan listrik di Sumatera dengan handal serta membantu menekan biaya pokok produksi hingga Rp25 miliar per tahun," ungkap Direktur Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto pada saat meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Koto Gasib kapasitas 25 Megawatt dan Gardu Induk (GI) New Garuda Sakti 30 MVA dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Dumai, Rabu (31/07/2019).

Pengoperasian PLTMG Koto Gasib dan Gardu Induk diresmikan secara simbolis oleh  Gubernur Riau H Syamsuar. Peresmian ini adalah komitmen PLN dalam mewujudkan Provinsi Riau terang benderang.

Dikatakan Wiluyo, penghematan ini diperoleh dari substitusi HSD ke Gas. Semula sistem kelistrikan Kabupaten Siak ini disuplay dari PLTD di Siak dan PLTD Sei Apit. Sehingga dari substitusi HSD ke Gas dapat menghemat sampai dengan Rp25 miliar.

Selain efisiensi biaya pokok produksi, sebut Wiluyo, dengan hadirnya PLTMG Koto Gasib yang memberikan pasokan listrik di Kabupaten Siak dapat dimanfaatkan  untuk meningkatkan pertumbuhan jumlah pelanggan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat. Disamping itu, juga meningkatkan pertumbuhan di sektor pariwisata serta sektor industri di Kabupaten Siak.

Sementara itu, untuk program Listrik Desa sampai dengan semester I tahun 2019, beber Wiluyo, PLN telah menyelesaikan penyambungan di 1.778 desa dengan presentase Rasio Desa 95.64 persen.

"Target akhir tahun, PLN akan menyelesaikan 81 desa demi mencapai 100 persen ratio desa berlistrik," katanya.

Dalam sambutannya, Gubri Drs H Syamsuar MSi menyampaikan rasa optimis terhadap penyelesaian listrik desa selesai di tahun 2019.

"Dengan semangat dari teman-teman PLN serta dukungan penuh dari kita semua, Insya Allah saya optimistis desa berlistrik di Provinsi Riau dapat rampung di tahun ini," pungkas Syamsuar.(*)



Editor : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler