Kanal

Besok, FPK Riau Bersama PSMTI Baksos Donor Darah Sempena Hari Bela Negara di Mal Pekanbaru

Pekanbaru, Hariantimes.com - Dalam rangka Hari Bela Negara, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau bekerjasama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Provinsi Riau akan menyelenggarakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah.

Kegiatan donor darah ini akan diselenggarakan di lantai 3 Mal Pekanbaru mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB pada Selasa (19/12/2023) besok.

Ketua FPK Provinsi Riau Drs H Auni M Noor MSi saat jumpa pers di lantai 3 Kantor Kesbangpol Riau, Senin (18/12/2023) berharap donor darah ini bisa menjadi gaya hidup bagi masyarakat secara umum. Dan tentunya bagi FPK dan Kesbangpol.

"Donor darah ini memang menjadi suatu kegiatan yang bersifat ibadah bagi agama apapun. Karena akan menolong satu orang yang membutuhkan darah di rumah sakit. Disamping itu, kita mengharapkan juga bahwa dalam pelaksanaan donor darah nanti kita menghimbau seluruh anggota paguyuban yang ada, ataupun di luar paguyuban mau ikut dalam donor darah tersebut. Semakin banyak, tentu semakin bagus," harap Auni M Noor.

Selain kegiatan donor darah, sebut Auni M Noor, FPK Provinsi Riau juga ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan acara Hari Bela Negara. Yakni ikut menghadiri apel pagi di Halaman Kantor Gubernur Riau pada Selasa (19/12/2023) pagi. Karena Bela Negara ini merupakan hal yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Oleh sebab itu, semua kita harus berpartisipasi dalam pelaksanaan Hari Bela Negara di Pekanbaru, Provinsi Riau," tegas Auni M Noor.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting menyebutkan, ini merupakan suatu kegiatan yang setiap tahun dilakukan. Dan ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan FPK Riau dibawah kepemimpinan Auni M Noor.

"Dua tahun saya disini *Kesbangpol) ini, alhamdulillah FPK kita sudah terkenal. Apalagi FPK juga telah sukses menyelenggarakan pawai budaya beberapa waktu lalu. Ini sebagai contoh, bahwa tahun depan seluruh FPK yang ada di Indonesia akan datang ke Provinsi Riau. Ini suatu agenda nasional yang telah disampaikan oleh salah seorang direktur di Kementerian Dalam Negeri," sebut Jenri Salmon Ginting sembari menyampaikan, bahwa dana hibah tahun 2024 untuk FPK Riau cukup diberikan support oleh Gubernur Riau yakni Rp2 miliar lebih. Mudah-mudahan FPK Riau bisa mempergunakannya, tepat waktu SPJnya dan bisa out put lebih baik di masyarakat.

"Ini salah satu support paling besar kita kepada FPK di Indonesia. Dan ini bentuk perhatian Bapak Gubernur kepada kita semua. Kita ada tiga forum yakni Forum Pembauran Kebangsaan, Forum Kerukunan Umat Beragama dan Forum Kewaspadaan. Semua mendapat dana hibah dan perhatian dari Bapak Gubernur kita. Mudah-mudahan ini bisa membantu visi misi Bapak Gubernur dalam menjalankan pemerintahan dalam bingkai kebangsaan. Karena kita tahu pada 19 Desember 2023 besok kita memperingati Hari Bela Negara yang ke-75. Oleh karena itu, saya harap pengurus FPK Riau untuk hadir dan ikut apel di halaman Kantor Gubernur Riau. Insya Allah, inspektur upacaranya Pak Gubernur langsung. Kita sudah siapkan tenda, spanduk dan baleho. Mudah-mudahan, acara Hari Bela Negara bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita semua," papar Jenri.

Dikatakannya, masukkan dan kritikan merupakan salah satu supaya organisasi ini lebih maju. Apalagi ada media massa bisa memberikan kritikan dan masukkan supaya maju.

"Intinya bagaimana kita bisa menjalankan program dan kegiatan kita pada tahun 2024 nanti lebih baik lagi. Mengingat pemilu sudah di depan mata. Mungkin perlu kita mengadakan sosialisasi kepada seluruh tokoh masyarakat, seluruh kabupaten/kota untuk menjaga pemilu damai di Provinsi Riau ini. Harapan kita, mari kita bergandengan tangan, bahu membahu menjalankan tugas, fungsi dan pokok kita. Mudah-mudahan Riau ini lebih baik kedepan," pesan Jenri.

Dikatakan Jenri, SOP nya sudah jelas. Jadi seluruh pegawai di Provinsi Riau ini maupun tokoh masyarakat baik itu Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Pembauran Kebangsaan dan Forum Kewaspadaan Dini yang ada di Kesbangpol ikut melaksanakan apel. Begitu juga dengan seluruh instansi vertikal seperti kepolisian, TNI, Kabinda, Danlanud, Danlanal ikut melaksanakan apel Hari Bela Negara ini. 

“Mudah-mudahan dengan apel bersam pea ini kita menumbuhkan cinta tanah air, bela negara dan kita menghadapi pemilu 2024 nanti bisa dengan damai, nyaman dan tenteram. Sehingga dalam memilih pemimpin nanti bisa sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Ini semua dapat kita lakukan dengan kebersamaan,” harapnya.(ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler