Kanal

Tinjau Dua UPT Dinsos Riau, Edy Natar: Fasilitas Sudah Cukup Memadai

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau Brigjen (TNI) Purn Edy Natar Nasution meninjau dua Unit Pelaksana Tugas (UPT) yang berada di bawah Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau.

Dua UPT tersebut yakni "Bina Laras" (ODGJ) Jalan Yos Sudarso, Rumbai dan UPT Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Daksa.

Pada kesempatan itu Edy Natar didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi.

"Di Dinas Sosial ini ada beberapa UPT yang terkait dengan orang jompo, orang-orang yang selesai dibina di rumah sakit jiwa, kemudian orang yang berkebutuhan khusus. Sehingga ini harus kita perhatikan. Mungkin selama ini agak luput dari perhatian kita semua. Dan tadi baru 2 tempat yang sempat saya lihat," ucap Edy Natar, Rabu (08/11/2023).

Edy Natar mengaku prihatin setelah mendengar penjelasan ada keluarga pasien yang sudah tidak memperdulikan kondisi keluarganya yang dirawat disana.

Maka, Edy Natar mengarahkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau untuk melakukan pengecekan ke daerah lain agar mengetahui keberadaan warga Riau yang sedang dirawat. Sehingga, pasien yang tercatat dari Provinsi Riau dapat diperhatikan dengan baik.

"Keberadaan mereka ada yang keluarganya sudah tidak peduli lagi. Ada juga saya lihat orang yang dari Sumatera Barat, Sumatera Utara ya dari berbagai daerah. Maka kita wajib memperhatikan mereka. Maka saya minta Kepala Dinas Sosial untuk berkomunikasi dengan provinsi yang warganya dirawat di Riau ini. Karena tidak muustahil warga kita pun ada disana daerah lain. Dengan cara itu, diharapkan kedepan semua bisa fokus. Saya tidak menginginkan ada warga kita yang dalam gangguan jiwa, berkebutuhan khusus, itu tidak boleh terabaikan. Itulah sebabnya kenapa saya meninjau kesana karena saya tidak ingin terabaikan dari perhatian kita," imbuhnya.

Dalam momentum itu, Edy Natar juga meninjau fasilitas yang tersedia. Ia katakan fasilitas yang ada sudah dalam kategori baik.

"Fasilitas sudah cukup memadai. Bahkan saat ini sedang dilakukan program-program pembangunan. Jadi tempat tinggal mereka masih dalam batas cukup baik, tapi tentu perlu kita tingkatkan kedepan," ungkapnya.

Kendati demikian, Edy menuturkan yang juga tidak kalah penting adalah bagaimana memperlakukan para pasien dengan sepenuh hati dan kasih sayang.

"Namun, yang jauh lebih penting itu bukan hanya sekedar tempat dia menginap, tetapi yang melayani mereka ini yang jauh lebih penting bagi saya. Karena kita melayani manusia, melayani orang yang berkebutuhan khusus, sehingga rasa itu yang sebetulnya dipentingkan daripada fasilitas yang mewah. Bukan berarti kita tidak memperhatikan fasilitasnya, apalah arti fasilitas mewah tetapi dia digeletakkan tanpa adanya kasih sayang. Jadi dengan kasih sayang kita memperhatikan mereka, insya Allah Riau ini berkah," tandasnya.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler