Kanal

Warga Pekanbaru akan Dihibur Atraksi Batambua Basamo

Pekanbaru, Hariantimes.com - Warga Pekanbaru asal Kanagarian Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) pada 27 Januari 2019 nanti akan dihibur atraksi Batambua Basamo. 

Kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kesenian Tambua Palanta Matua Saiyo ini akan dihelat di Gedung Balai Pertemuan Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru, Jalan Tanjung Kelurahan Tangkerang Labuay, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. 

Selain atraksi Batanbua Basamo, juga akan ada penampilan kesenian khas Minang Kabau lainnya. Antara lain Tari Piring dan Silek Tuo (Silat Tua). 

"Walau kita berada di rantau, kita berharap adat istiadat dan budaya Minang Kabau tetap kita lestarikan melalui kegiatan kesenian Tambua ini," harap Ketua Umum Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru M Hanafi Tanjung Sutan Mudo didampingi Ketua Kesenian Tambua Palanta Matua Saiyo Pekanbaru,  Suardi/Coteh usai rapat persiapan acara ulang tahun kesenian Tambua Palanta Matua Saiyo Pekanbaru di Gedung Balai Pertemuan Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru, Jalan Tanjung Kelurahan Tangkerang Labuay, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Minggu (13/01/2019).

Pada acara nanti, beber Hanafi, panitia hanya akan mengundang dua group kesenian Tambua dan group Tari Piring yang ada di Kota Pekanbaru. 

"Oleh karena itu, kita bersama pemuda mulai mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan acara nanti. Mulai dari undangan hingga kepada konsumsi," ujar Hanafi seraya menyarankan kepada pengurus Kesenian Tambua Palanta Matua Saiyo untuk segera menyusun ke panitian dan administrasi yang diperlukan. Mengingat waktu pelaksanaan hanya tinggal dua minggu lagi. 

"Segera bentuk dan susun kepanitiaan bersama pengurus Matua Saiyo dan Pemuda P3MS," pesan Hanafi.(ron) 

Berita Terkait

Berita Terpopuler