Kanal

Lusa, PPDB Online Jalur Reguler MAN 4 Pekanbaru Dibuka

PEKANBARU, Hariantimes.com – Setelah memfasilitasi kegiatan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk TP 2023/2024, jalur penelusuran pelajar unggul, yang dinamai Tahfidz, Organisasi dan Prestasi (TOP) yang telah melakukan pendaftaran ulang pada 16 Maret 2023 lalu.

Saat ini Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Kota Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Yos Sudarso KM 15 Rumbai,  secara resmi membuka kegiatan pendaftaran PPDB untuk Jalur Reguler yang mulai 1-7 April 2023 (lusa).

PPDB  yang dilakukan madrasah berakreditasi A (unggul) dari BAN/SM ini secara online, melalui website https://ppdb.man4kotapekanbaru.sch.id/ atau dapat menghubungi Sekretariat Pendaftaran PPDB 082287589161 dan 082274719120, serta Humas Madrasah 081268713026.

Ketua Panitia PPDB yang juga Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 4 Pekanbaru, Zendri Hendri SPd MPd pada, Kamis (30/3/2023) mengatakan, bahwa jika pada Jalur TOP telah terseleksi 76 pelajar, maka kuota untuk pelajar di jalur reguler adalah sebanyak 50 orang.

Jadi secara keseluruhan daya tampung MAN 4 Pekanbaru pada TP 2023/2024 adalah untuk 126 orang pelajar, yang akan didistribusikan melalui kelas Cekatan, kelas Saintis, Enterpreneurship Class dan Santripreneur Timur Tengah Class.

"Layanan intrakurikuler yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, fokus berbasiskan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan Life Skills, yang akan diperlukan pasca Pendidikan para pelajar," ujar  Zendri.

Melalui  kualifikasi pengajar 32 persen berstrata pendidikan magister dan 68 persen berpendidikan sarjana, Ia juga menyebutkan, penyelenggaraan bengkel Quran/Tahsin, Tahfidzul Quran, Qiroatul Qutub, penguatan pendidikan karakter (PPK) Profil P2RA (Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil'alamin) terjadwal dan terkondisi seperti apel kedisiplinan, ibadah dhuha, zuhur/jum'at, ashar, muhadhoroh, muhadatsah, dan pembiasaan adab mulia.

Ada juga pembinaan intensif untuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan OSN (Olimpiade Sains Nasional), pembinaan intensif untuk studi lanjutan ke Timur Tengah dan pendidikan berasrama/ boarding school untuk siswi putri di lingkungan madrasah, merupakan program kokurikuler yang secara konsekuen dilaksanakan Madrasah, ditambahi lagi dengan lebih dari 15 layanan program ekstrakurikuler madrasah.  

“Program madrasah di atas, dengan Akreditasi A menjadi privilege para pelajar untuk studi kesemua jalur penerimaan perguruan tinggi dan dunia kerja. Misalnya pada kemarin Selasa (28/03/2023) sahaja di Pengemuman Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) ada 20 persen pelajar kelas XII MAN 4 Kota Pekanbaru lulus di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia," ujarnya.

Dijelaskan Zendri, di tahun 2022 lalu pula, sebanyak 39 persen mutu lulusan madrasah ini, dapat melanjutkan studi ke PTN/PTKIN melalui Jalur SNPMTN/SPAN-PTKIN/Jalur Undangan Prestasi, 14 persen melalui jalur prestasi/jalur undangan PTS, 15 persen melalui jalur seleksi mandiri. Lalu 5 persen ada yang menggeluti profesi sebagai santripreneur, 8 persen sebagai Enterpreneur, dan 7,3 persen sebagai pekerja formal.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler