Kanal

Program Booking Berkah Ramadhan, IZI Riau Siapkan Enam Paket Pilihan

Pekanbaru, Hariantimes.com - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau memperkenalkan program tahunan Booking Berkah Ramadhan dengan 6 pilihan paket.

Adapun pilihan paket yang ditawarkan yaitu Paket Ramadhan, Zakat Fitrah dan Fidyah, Ifthor dan Takjil, Bingkisan Takjil dan Dhuafa, Benah Mushola dan Sebar Al-Qur'an. Pelaksanaan program ini dilakukan penyalurannya hingga akhir di bulan Ramadhan 1444 Hijriyah.

"Dengan adanya peran media, diharapkan dapat memaksimalkan potensi zakat Riau sebesar Rp1,8 triliun (Data Baznas Provinsi Riau), untuk dapat dihimpun dan dikelola dengan baik serta tepat sasaran," harap Kepala Perwakilan IZI Perwakilan Riau Iqbal Farizi saat Tarhib Ramadhan bersama media online se Pekanbaru, baru-baru ini.

Tarhib Ramadhan 1444 H bertema "Peran Media dalam Memaksimalkan Potensi Zakat di Riau" ini bertujuan membangun kerjasama dan sinergisitas berbagai pihak, termasuk antara IZI dan Media.

Kegiatan ini dihadiri oleh 17 perwakilan media online se Pekanbaru, Kepala IZI Perwakilan Riau Iqbal Farizi selaku dan Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat (PPZ) IZI Perwakilan Riau Abdul Ghofur.

Iqbal menyampaikan, potensi Zakat di Riau sebesar Rp1,8 triliun. Namun penghimpunannya masih terbilang jauh. Yakni baru Rp179 miliar. Itupun yang terdata dari Baznas Prov Kokab se Riau dan Lembaga Amil Zakat se Riau (data Sie Zakat Kemenag Provinsi Riau 2022). Ini disebabkan banyak faktor. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman terkait kewajiban zakat.

"Maka disini, peran media sebagai wadah edukasi dan corong informasi sangat diperlukan, mari kita maksimalkan itu," sebut Iqbal.

Pada bulan Ramadhan tahun ini, katanya, IZI perwakilan Riau menargetkan sebanyak 2.000 orang yang dapat dibantu melalui zakat dengan target pencapaian penghimpunan sebesar Rp2 miliar. Zakat dapat dilakukan secara langsung maupun melalui aplikasi Zakatpedia oleh IZI yang semakin memudahkan pembayaran zakat.

Lantas apa yang menjadi fokus utama Program Booking Berkah Ramadhan ini dari tahun sebelumnya? Iqbal menuturkan, tahun ini yang menjadi fokus pergerakan adalah bagaimana dampak dari zakat itu sendiri kepada penerima zakat.

"Harapannya, program-program pelatihan dan kebaikan yang dilaksanakan melalui zakat ini nantinya dapat berdampak terhadap kualitas penerima zakat menjadi lebih baik dan unggul. Kita harapkan dengan upaya kolaborasi dan kerjasama ini semakin membantu menurunkan angka kemiskinan di daerah ini," sebut Iqbal.

Dalam kesempatan ini, Abdur Gofur, Kabid PPZ IZI Perwakilan Riau memaparkan program Ramadhan serta penawaran kerjasama yang akan dilakukan oleh IZI dan media online.

"Kita percayakan kontribusi media online terhadap pengaruh pencapaian penghimpunan Zakat di Riau, salah satunya melalui Publik Ekspos. Selain itu, perkembangan penghimpunan dan penyaluran Zakat, media online juga akan turut dilibatkan dengan harapan tingkat edukasi dan kesadaran masyarakat semakin tinggi," ungkap Ghofur.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler