Kanal

Kapolsek AKP Sony Jaselman Ritonga Bakar 8 Rakit PETI

PANGEAN, HarianTimes.com Kapolsek Pangean AKP Sony Jaselman Ritonga SH pimpin operasi penindakan dan penegakkan hukum terhadap aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Tanah Bekali Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana dalam operasi tersebut, tim yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Pangean AKP Sony Jaselman Ritonga SH tersebut telah memusnahkan sebanyak 8 (delapan) rakit PETI alias Dompeng yang sudah di tinggalkan para pelaku, pada Jum’at (08/07/2022).

Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kapolsek Pangean membenarkan telah dilakukannya penindakan tersebut ketika di konfirmasi HarianTimes.com pada Jum’at (08/07/2022) petang di Mapolsek Pangean.

Menurut Kapolsek AKP Sony Jaselman Ritonga, operasi penindakan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat tentang adanya aktivitas PETI di Wilayah Hukum (Wilkum) Polsek Pangean Jajaran Polres Kuansing.

Usai mendapat informasi tersebut, Kapolsek AKP Sony Jaselman Ritonga beserta personil Polsek Pangean mendatangi lokasi sesuai informasi masyarakat di Desa Tanah Bekali Pangean.

Dimana di lokasi tersebut, aparat kepolisian menemukan sebanyak 8 (delapan) rakit PETI atau Dompeng yang sudah ditinggalkan pelaku, yang diduga mengetahui kedatangan Aparat Penegak Hukum (APH) dari Polsek Pangean Jajaran Polres Kuansing.

“Tindakan yang dilakukan yakni merusak dengan cara membakar sebanyak delapan mesin beserta rakit PETI yang ditemukan tersebut. Namun sayangnya para pelaku sudah berhasil melarikan diri duluan,” jelas Kapolsek.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Pangean juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak lagi melakukan aktivitas PETI atau Dompeng lagi, dikarenakan kegiatan tersebut merusak lingkungan dan alam.

“Kepada para penambang dan masyarakat kita himbau untuk tidak lagi melakukan aktivitas PETI, sehingga tidak terjadi pengrusakan terhadap lingkungan dan alam, serta kegiatan itu jelas melanggar hukum dan dapat dikenakan sanksi Tindak Pidana Tertentu (Tipidter),” tandas Sony.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler