Kanal

Kunjungan Tatap Muka Kembali Normal, Rasa Haru Selimuti Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Setelah beberapa tahun belakangan akibat terjadinya Covid-19, dimana kunjungan Kekuarga terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di batasi, kini Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Teluk Kuantan kembali di berlakukan kunjungan tatap muka.

Dimana hal itu sesuai Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham RI dengan nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang Penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka dan pembinaan yang melibatkan pihak luar.

Maka dari itu Kepala Lapas (Ka Lapas) Kelas IIB Teluk Kuantan Bejo AMd IP SH MH telah mengeluarkan kebijakan bahwa kunjungan secara tatap muka yang sudah di buka mulai Rabu (06 Juli 2022).

Hal itu benarkan Ka Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan Bejo AMd IP SH MH melalui Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Riko Saputra SSos didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka KPLP) Aldino Octalaperta SH, pada Rabu (06/07/2022) siang di Teluk Kuantan.

Adapun waktu kunjungan yang ditetapkan yakni pada Senin untuk Narapidana (Napi) dan Rabu untuk Tahanan dengan waktu kunjungan mulai dari pukul 10.00 WIB sd pukul 11.30 WIB.

“Untuk jumlah pengunjung pada hari ini Rabu (khusus tahanan) adalah berjumlah 15 (lima belas) orang dengan jumlah tahanan yang dikunjungi berjumlah 8 (delapan) orang,” ucapnya.

Dimana kunjungan tatap muka perdana yang dilakukan ini, sambungnya, ia menilai masih ada sedikit permasalahan meskipun sudah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat umum.

“Kunjungan tatap muka perdana ini masih menemui permasalahan yakni walaupun sosialisasi kepada masyarakat umum sudah dilakukan, namun pihak keluarga masih belum sepenuhnya memahami syarat untuk melakukan kunjungan,” ungkapnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Riko Saputra mengatakan, bahwa pihak Lapas dalam hal ini bagian Pembinaan Narapidan atau Anak didik akan melakukan koordinasi kembali dengan stakeholder serta mensosialisasikan kembali ke masyarakat umum.

“Kita akan segera kembali untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat, sehingga kunjungan dan waktu kunjungan bisa berjalan dengan lancar dan baik nantinya,” ucapnya.

Dengan demikian, Ka Lapas melalui Ka KPLP Aldino Octalaperta menyampaikan, dengan dibukanya kembali layanan kunjungan tatap muka ini diharapkan dapat memberikan ketenangan bagi Warga Binaan dalam menjalani hukuman.

“Protokol Kesehatan dan syarat melakukan kunjungan sangat dikedepankan dalam pelaksanaan kunjungan tatap muka ini, seperti wajib telah menerima vaksin ke 3 (Booster), hanya bagi keluarga inti dan membawa surat izin dari pihak penahan dan lainnya,” jelasnya.

Wajah gembira dan rasa syukur  pengunjung yang telah 2 tahun tidak bertatap muka secara langsung dengan keluarga yang sedang menjalani pidana menjadi pemandangan yang mengharukan di Lapas Teluk Kuantan.

Seorang ibu yang usai mengunjungi WBP mengungkapkan secara spontan rasa haru dan bahagianya, setelah dapat berkunjung tatap muka atau bertemu langsung di Lapas Teluk Kuantan.

“Ya bahagia, ya senang bisa berjumpa langsung dengan keluarga,” ungkapnya dengan penuh senyum suka menggambarkan kebahagiaannya.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler