Kanal

Era Digitalisasi 4.0, Firdaus: Media Harus Bertransformasi

Pekanbaru, Hariantimes.com - Sampai kapanpun media massa menjadi sarana utama untuk publikasi dan sosialisasi program-program pemerintah ke masyarakat luas.

Karena itu, peran media tak bisa digantikan. Bahkan media akan selalu diperlukan. 

"Namun begitu, era digitalisasi 4.0 tak bisa pula dinafikan. Dan kita tak mungkin lagi kembali ke belakang. Kembali ke masa lalu. Keberadaan media massa sangat penting, itu benar. Tapi, era Revolusi Industri 4.0 sudah jalan. Media pun harus bertransformasi," sebut Walikota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT di depan para pengurus Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau saat membuka Media Expo (ME) 2021 SPS Riau di Mal SKA Pekanbaru, Riau, Kamis (29/04/2021).

Event ini akan berlangsung hinga 02 Mei 2021. Rencananya nanti akan ditutup oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi.

Dikatakan, Datuk Bandar Setia Amanah, keberadaan SPS akan tetap diperlukan dan bisa tetap eksis. Karena SPS adalah Asosiasi Perusahaan Media yang resmi dan menjadi kontituen dari Dewan Pers. 

"Ini adalah organisasi yang sudah tua. Berdiri sejak 8 Juni 1946," sebut Walikota seraya memahami betul kondisi media massa saat ini. Terutama media cetak.
 
"Kunci utamanya, ya media massa yang bergabung dalam SPS melakukan transformasi di era digitalisasi ini. Dengan begitu, media di bawah naungan SPS akan terus eksis. Begitu juga dengan organisasi SPS sendiri," kata Walikota.

Sebagai kota metropolitan yang madani, sebut orang nomor satu di Kota Pekanbaru itu, Pekanbaru memerlukan investasi untuk bisa maju. Maka dari itu, SPS Riau diajak untuk membantu Pemko. 

Dikatakannya juga, dengan adanya ekspos media secara luas tentang peluang-peluang dan kemajuan Pekanbaru tentu akan menarik investasi masuk.

"Pekanbaru ini tidak punya Sumberdaya Alam atau SDA. Yang kita andalkan untuk mendukung pembangunan kota ini adalah Sumberdaya Manusia (SDM). Kita perlu investasi masuk ke kota ini. Media di bawah SPS Riau memegang peranan penting, membantu menyebarluaskan berita-berita tentang kemajuan kota ini. Dengan begitu, Pekanbaru bisa berkembang pesat saat ini dan ke depan," paparnya.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler