Kanal

Ribuan Aparatur Desa dan BPD Akan Datangi Pemkab Pertanyakan Gaji dan Tunjangan

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Selama tahun anggaran 2021, sebanyak 218 Kepala Desa serta ribuan perangkat desa dan BPD se-Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau belum terima gaji dan tunjangan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Forum Kepala Desa (Forkades) Se-Kabupaten Kuansing, Solahudin, S.E kepada HarianTimes.com pada Jum'at (30/4/2021) di Teluk Kuantan.

Menurut Solahudin, sesuai kesepakatan para kepala desa se-Kuansing, jika hal ini terus terjadi hingga Senin (3/5/2021) mendatang, "Rekan rekan kepala desa sepakat akan mendatangi Bupati Kuansing, Ketua DPRD Kuansing, Kepala Dinsos PMD dan Kepala BPKAD Kuansing," kata Solahudin, pada Jum'at sore.

Dimana gaji para Kepala Desa Se-Kabupaten Kuansing ini bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), kata Sola, demikian ia akrab disapa. Masih kata Sola, hampir 5 ribuan aparatur desa dan BPD se-Kuansing terancam tidak berlebaran hari raya Idul Fitri tahun 2021.

"Saya selaku Ketua Forum Kepala Desa se Kuansing sudah melakukan pengecekan ke BPKAD Kuansing, sesampainya disana tadi mereka mengatakan bahwa seluruh berkas dari 218 desa yang ada belum sampai di BPKAD alias belum ada yang masuk untuk pengajuan pencairan ADD 2021," terang Sola.

Maka dari itu, lanjut Sola, ia mempertanyakan ini kembali ke OPD terkait, yakni Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau Dinsos PMD Kuansing. "Masih diperiksa bu Kabid pak. Sudah diteken Kadis. Cuma masih ada beberapa bahan yang belum lengkap. Mudah mudahan Senin masuk," demikian Solahudin menirukan jawaban dari pihak Dinsos PMD Kuansing.

Kembali ditegaskan Solahudin, jika sampai Senin depan tidak ada progres terkait hal ini. Maka ribuan perangkat desa dan BPD se Kuansing akan bertandang ke kantor Bupati, DPRD, Dinsos PMD dan BPKAD Kuansing guna mempertanyakan kapan dan bagaimana solusi dari dana ADD tersebut. "Sebab secara keseluruhan desa yang ada di Kuansing sudah melengkapi semua bahan dan berkas sesuai peraturan dan instruksi dari Dinsos PMD Kuansing untuk syarat pencairan dana ADD tersebut," tutup Solahudin, Ketua Forkades Kuansing.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler