Kanal

Wawako Minta Umat Islam Dukung Pembangunan Masjid Mualamat

Pekanbaru, Hariantimes.com – Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru H Ayat Cahyadi memintak umat Islam yang memiliki kelebihan harta untuk membantu pembangunan Masjid Mualamat di Jalan Yos Sudarso Kompleks Taman Surya, RT02/RW10, Keluarahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai.

Permintaan itu disampaikan Wawako, Ahad (28/2/2021) usai melakukan pengecoran perdana pembangunan Masjid Muamalat, yang disaksikan Lurah Umban Sari, Hj Asparida, Ketua LMPK Umban Sari Ir Syafri Effendi, Ketua Dewan Masjid Indoensia (DMI) Kota Pekanbaru, Abu Kasim, perwakilan Kemenag Pekanbaru dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Wawako juga mewakafkan uang Rp1 juta yang hadiah pahalanya dihadiahkan kepada almarhumah ibundanya kepada Ketua Pembangunan Masjid Mualamat H Anasri yang disaksikan Ketua RT 02 Rifa’i SAg. Pada kesempatan itu, panitia pembangunan masjid juga menghimpun dana yang dipandu oleh ustaz DR H Kharirunnas Jamal dan berhasil mengumpulkan uang jutaan rupiah.

‘’Kami yakin pembangunan masjid ini akan berjalan lancar dan kami yakin pada saat ramadan pertama masjid ini sudah bisa digunakan untuk salat tarawih berjamaah,’’ harap Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Ia mengharapkan, pembangunan masjid yang berada di kompleks perumahan ini akan memberikan nuansa agama tersendiri bagi umat Islam di kompleksnya, karena dirinya melihat jarak masjid dari perumahan itu cukup jauh.

Tentu katanya lagi, pembangunan ini akan memicu minat masyarakat untuk berwakaf dan tercapainya pembangunan masjid yang diinginkan masyarakat secepatnya. Tentunya pengurus masjid harus terus berjuang sekeras tenaganya, agar pembangunan itu cepat terealisasi.

Lurah Umban Sari, Asparida juga mengharapkan, masyarakat harus kompak dalam membangun masjid, sehingga pihaknya yakin dalam waktu dekat masjid ini dapat digunakan untuk salat Tarawih perdana. Karena untuk membangun masjid tidak bisa dilakukan atau dikelola oleh pengurus masjid saja, namun harus ada dukungan masyarakat dan umat Islam yang mampu.

‘’Tentu harus ada kebersamaan dalam membangun masjid ini agar cepat selesai pembangunanya. Karena kami yakin masyarakat Umban Sari, Rumbai ini banyak yang mampu dan orang kaya,’’ ujarnya.

Sedangkan Ketua pembangunan Masjid Mualamat, Anasri juga menyebutkan, dari gambar masjid yang sudah dirancang untuk dua lantai akan menelan anggaran lebih kurang Rp2,4 miliar. Namun karena keterbatasan dana, maka pembanguannya akan dilakukan secara bertahap.

‘’Alhamdulillah saat ini dana sudah terkumpul sekitar Rp20 juta lebih dan sudah dibelikan bahan bangunan berupa besi dan bahan lainya. Kami mengharapkan uluran tangan dari kaum muslimin yang memiliki harta,’’ harapnya.(*)

 

Berita Terkait

Berita Terpopuler