Kanal

Kanwil Kemenkum-HAM Riau Raih Prediket WBK

pekanbaru, Hariantimes.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum-HAM) Riau berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Zona Integritas (ZI) itu, merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian dan lembaga dijajara Kemenkum-HAM yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui kerja keras dan komitmen yang telah dibangun selama tahun 2020.

Sedangkan apresiasi dan penganugerahan predikat ZI WBK/WBBM kepada Kanwil Kemenkum-HAM Riau dan satker lainnya, dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (21/12/2020). Sedangkan pada Selasa (22/12/2020) Kakanwil Kemenkum-HAM Riau Ibnu Chuldun mendapat kunjungan dan apresiasi dari Ketua DPRD Riau H Yulisman.

Kepala Kanwil Kemenkum-HAM Riau, Ibnu Chuldun menyampaikan, setiap tahun terdapat peningkatan pengusulan satker untuk memperoleh predikat ZI WBK/WBBMi. Di 2020, sebanyak 3.691 satuan kerja di seluruh kementerian dan lembaga yang yang diusulkan, namun hanya sebanyak 2.570 satker saja yang berhasil lolos penilaian Tim Penilai Nasional (TPN). Akhirnya, hanya 763 satker saja yang ditetapkan memperoleh predikat WBK/WBBM dengan di antaranya terdapat 83 satker di lingkungan Kemenkumham RI.

Ia menyebutkan, di lingkungan Kanwil Kemenkum-HAM Riau ada 5 satker berhasil meraih predikat WBK, di antaranya, Kanwil Kemenkum-HAM Riau, Kanim Bengkalis, Kanim Bagansiapiapi, Rudenim Pekanbaru, dan Lapas Terbuka Rumbai.

Ibnu Chuldun yang didampingi para kepala divisi dalam menyaksikan acara apresiasi dan penganugerahan ZI WBK/WBBM ini,  mengaku sangat bersyukur atas prestasi yang sangat membanggakan ini. Ia berharap dengan adanya penghargaan ini dapat semakin memotivasi jajaran Kanwil Kemenkum-HAM Riau beserta seluruh satker di lingkungan Kanwil Kemenkum-HAM Riau untuk semakin meningkatkan pelayanan publik yang baik, prima, dan bebas dari korupsi.

Alhamdulillah, Kanwil Kumham Riau dan 4 satker lainnya berhasil meraih predikat WBK Tahun 2020. Semoga dengan adanya penghargaan ini dapat semakin memacu kita semua untuk selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” sebut Ibnu.

Menurut Ibnu, keberhasilan organisasi yang dipimpinnya dalam meraih predikat WBK adalah dengan selalu menanamkan perubahan mindset dan culterset dalam memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat.

Ia juga berterimakasih kepada Ketua DPRD Riau, H Yulisman yang menyempatkan bersilaturahmi ke ruangnya dan tentua kunjungan itu merupakan kebanggan tersendiri bagi lembaga yang dipimpinya. Tentunya melalui silaturahmi ini dapat menjadi komunikasi dan kerjasama antar lembaga pemerintah dan legeslatif di Riau.

‘’Ya, Alhamdulillah. Pak Yulisman datang ke kantor  kita dan ikut memberikan apresiasi terhadap keberhasilan kita dalam meraih prediket WBK/WBBM. Tentu ini akan menjadi motivasi kami untuk berbuat lebih baik lagi,’’ ujarnya.

Sedangkan Ketua DPRD Riau, H Yulisman saat bersilaturahmi ke Kanwil Kemenkum-HAM Riau juga merasa bangga, karena pihaknya diterima dengan baik dan ramah oleh Kepala Kanwil Kemenkum-HAM Riau. Tentunya ini merupakan apresiasi dirinya terhadap Kakanwil Kemenkum-HAM Riau agar sama-sama turut memajukan dan membangun Riau.(*)

 

Berita Terkait

Berita Terpopuler