Kanal

Tak Kenal Waktu, Kapolres Kuansing Pimpin Perburuan Dompeng Emas Ilegal

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Aktifitas Dompeng Emas secara ilegal alias Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) kembali bermunculan, kali ini di wilayah Desa Titian Modang Kecamatan Kuantan Tengah serta Desa Gunung Kesiangan dan Desa Banjar Lopak Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Berdasarkan adanya pengaduan yang disampaikan masyarakat kepada Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto pada tanggal 2 November 2020 lusa. Kapolres Kuansing pimpin langsung ke lokasi untuk melakukan penertiban penambangan liar tersebut.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto saat dikonfirmasi oleh HarianTimes.com pada Rabu (4/11/2020) sore di Teluk Kuantan.

"Tadi malam saya pimpin kegiatan Razia di Desa Titian Modang Kecamatan Kuantan Tengah, dan pagi tadi saya pimpin Razia di Desa Gunung Kesiangan dan Desa Banjar Lopak Kecamatan Benai," terang Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres Kuansing mengatakan, dalam kegiatan Razia PETI di Desa Titian Modang Kecamatan Kuantan Tengah berhasil memusnahkan 8 unit Alat Dompeng dan Rakitnya, serta mengamankan 1 Alat Dompeng serta 1 unit mesin Robin, saat pelaksanaan Razia sekitar Pukul 21.00 WIB, namun para pelaku tidak ditemukan di lokasi. "Seluruh Alat Dompeng dalam keadaan baik dan langsung kami musnahkan di TKP dengan cara dirusak dengan di pukul martil dan dibakar," terang Kapolres.

Sedangkan, sambung Kapolres, kegiatan Razia PETI di Desa Gunung Kesiangan berhasil memusnahkan 7 unit Alat Dompeng dan Rakitnya, serta di Desa Banjar Lopak memusnahkan 10 unit Alat Dompeng dan Rakitnya. Dalam gelaran razia yang dilaksanakan sekitar Pukul 10.30 WIB itu, lagi-lagi para pelakunya tidak ditemukan di lokasi, karena terpantau kabur saat petugas tiba di lokasi tersebut. "Seluruh Alat Dompeng juga dalam keadaan baik dan langsung kami musnahkan di TKP dengan cara dirusak dengan di pukul martil dan dibakar," terang Kapolres.

Kapolres AKBP Henky Poerwanto menegaskan, kegiatan penanganan PETI atau Dompeng Emas ilegal ini akan terus dilaksanakan oleh jajaran Polres Kuansing melalui kegiatan Preemtif, Preventif serta Represif. "Serta kami berharap masyarakat tetap terus berpartisipasi dalam rangka pemberantasan PETI atau Dompeng Emas ilegal dengan memberikan informasi terkait aktifitas PETI diwilayahnya kepada kami," tutup Kapolres.*

Tonton langsung videonya, klik video/foto diatas ya bos..!!

Berita Terkait

Berita Terpopuler