Kanal

Kunker DPD RI, Edwin Pratama Putra Beri Angin Segar Untuk Pacu Jalur Baserah

Baserah, HarianTimes.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Riau, Edwin Pratama Putra berikan angin segar terhadap masukan dan aspirasi masyarakat, terkait pelaksanaan Pacu Jalur Baserah.

Dimana Baserah merupakan negeri asal mula pacu jalur yang kini menjadi icon pariwisata budaya di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Usulan masyarakat Baserah itu, disampaikan oleh Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Daerah Anggota DPD RI, Edwin Pratama Putra pada Rabu (5/8/2020) di Baserah.

Adapun keinginan masyarakat dalam pelaksanaan Pacu Jalur Baserah, yakni diselenggarakan secara tersendiri dengan dana khusus, diluar rayonisasi seperti yang dilaksanakan selama ini. "Agenda Pacu Jalur Event Nasional sudah dilaksanakan setiap tahunnya di Tepian Narosa. Sementara itu, masyarakat Baserah selaku daerah asalnya Pacu Jalur ini berkeinginan pula agar dilaksanakan secara khusus diluar rayonisasi. Dimana kami berharap, pacu jalur di Baserah ini bisa dijadikan agenda tahunan Pacu Jalur Event Provinsi Riau kedepannya," papar Camat.

"Dan kami menilai serta memiliki alasan kuat untuk itu, yaitu Baserah adalah daerah asal mula pacu jalur ini, dan kini bahkan pacu jalur ini sudah menjadi kalender of event nasional. Namun kami ingin ada sedikit perbedaan terkait pelaksanaannya, jangan lagi hanya dalam rayonisasi pelaksanaannya tersebut, sebab Baserah lah pemilik asli budaya pacu jalur," jelas Jhon Pitte Alsi.

"Selain itu juga mampu sedikit meringankan pembiyaan APBD untuk pelaksanaan event kebudayaan pacu jalur tentunya," tambahnya memperjelas.

Hal itu mendapat tanggapan serius dari Anggota DPD RI, Edwin Pratama Putra. Dan beliau tampak mencatat hal itu seraya berujar, ini menjadi tugas penting saya bersama 3 anggota DPD RI dan 13 anggota DPR RI asal Riau dalam pengembangan kebudayaan daerah kedepannya, imbuhnya.

Selain itu, Edwin Pratama Putra yang didampingi Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi bersama para Upika Kecamatan lainnya, juga menyempatkan diri untuk melakukan pengecekan langsung disepanjang arena pacu jalur Baserah tersebut.

Edwin mengaku tertarik dalam konsep perencanaan pengembangan wisata yang juga disampaikan Camat Kuantan Hilir tersebut. Dimana Jhon Pitte Alsi itu berencana ingin menjadikan sepanjang arena pacu jalur Baserah sebagai tempat wisata kuliner kedepannya.

Maka dari itu, beliau sudah mencatat sebagai PR nya untuk memperjuangkan hal ini, baik itu di tingkat nasional maupun menyampaikan ke Gubernur Riau nantinya. "Mudah mudahan bisa terkabul dan terwujud nantinya," tutup Edwin.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler