Kanal

Pemdes Seberang Teratak Air Hitam Ambil Langkah Tepat Musnahkan Covid-19

Sentajo Raya, HarianTimes.com - Ambil langkah cepat tanggap, memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pemerintah Desa Seberang Teratak Air Hitam, Kecamatan Sentajo Raya (Sentra), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau lakukan penyemprotan desinfektan diseluruh rumah warga serta fasilitas umum di desa tersebut, Rabu (24/6/2020) pagi.

Kegiatan ini berawal dari beredarnya informasi adanya salah satu masyarakat Seberang Teratak Air Hitam, yang merupakan Kepala Dusun Jambak, Carles Ferdi Sendiko diduga terkonfirmasi Covid-19. Dimana Carles tersebut sebelumnya diketahui sering bermain dan bantu-bantu di Polsek Benai sehari-harinya.

Hal ini berawal dari Carles Ferdi Sendiko yang ikut mendampingi tahanan di Polsek Benai dalam pengantarannya ke RSUD Teluk Kuantan, pada Selasa (23/6/2020) malam.

Kades Seberang Teratak Air Hitam, Samsul Haidi membenarkan saat dikonfirmasi HarianTimes.com pada Rabu (24/6/2020) siang.

"Alhamdulillah kita sudah melakukan penyemprotan diseluruh rumah warga dan fasilitas umum lainnya, seperti masjid, sekolah serta kantor desa. Dan pada siang ini (tadi .red), kita juga melakukan pembagian masker gratis kepada seluruh masyarakat kembali," papar Kades yang akrab disapa Edi, didampingi Babinsa Koramil 02/ KT, Koptu Parman Edi.

Ia memaparkan kejadian informasi yang didapatkan nya tersebut, berawal dari adanya telpon dari salah satu warga Seberang Teratak Air Hitam yang kini sudah tinggal di Desa Talontam Benai, Rendra Eka Putra, pada Selasa malam. Mendapat informasi itu, dirinya yang tengah asyik bercerita tentang memancing ikan di salah satu warung kopi milik Ancismardi di Desa Jalur Patah Teratak Air Hitam, Edi langsung melakukan kontak via cellular dengan Ramiko Cani Putra yang juga merupakan Petugas Radiologi COVID-19 RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Riau.

Saat ini, kata Kades Samsul Haidi, telah dilakukan rapit test dan cek darah terhadap Carles Predi Sendiko di Pustu Beringin Jaya, Sentajo Raya, "Alhamdulillah hasilnya normal. Dan saya juga bernazar terhadap hal ini, semoga Allah SWT selalu melindungi kita dari segala macam penyakit dan kedepannya kembali normal," ucapnya seraya berdoa.

Samsul Haidi yang juga merupakan Ketua Tim Relawan Desa Melawan Covid-19 Desa Seberang Teratak Air Hitam, sejak Selasa malam langsung menginstruksikan tim yang dipimpinnya untuk meningkatkan kewaspadaan dan bekerja ekstra. "Saya instruksikan untuk langsung bekerja, sosialisasikan ke masyarakat untuk kembali meningkatkan pola hidup bersih dan gunakan masker saat diluar rumah," tegas Edi.

Selain melakukan penyemprotan desinfektan dan membagikan masker kepada seluruh masyarakat, juga dilakukan pembagian hand sanitizer dan pil vitamin Inbosforce kepada setiap warga Seberang Teratak Air Hitam.

Dalam kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kades sekaligus Ketua Tim Relawan Desa Melawan Covid-19 Desa Seberang Teratak Air Hitam itu, Samsul Haidi didampingi oleh Bidan Desa, Dewi Rosa Ria Indah, Direktur BUMDes Kembang Seribu, Fauzan Azima yang juga merupakan mantan Sekjen DPW Partai PPRN Riau, Babinsa Koramil 02/ KT, Koptu Parman Edi, serta seluruh tim Relawan.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler