Kanal

Maspar: Jalankan Amanah Membangun Negeri Bersama Masyarakat

Teluk Kuantan, Hariantimes.com - Maspar Mahmur SE merupakan seorang anggota legislatif di DPRD Kuansing yang selalu berpikiran positif untuk membangun dan mengawal perkembangan perekonomian di tengah masyarakat.  


                                   BIODATA

Nama                        : Maspar Mahmur SE
Tempat/Tgl. Lahir : Baserah, 23 Desember 1971
Jenis Kelamin         : Laki-laki
Agama                      : Islam
Pekerjaan                 : Anggota DPRD Kuansing Periode 2014 - 2019 dan 2019 - 2024
Alamat                      : Jl. Merdeka, RT 009 / RW 001, Kelurahan    Pasar Baru Baserah

Nama Istri               : Diana Olensia Tani
Pekerjaan                : PNS (Guru SMPN 2 KHS)
Nama Anak             : Saniyah Maspar
                                     Fadhillah Maspar
                                     Asyifa Maspar



Jalankan Amanah Membangun Negeri Bersama Masyarakat 

Maspar Mahmur SE adalah sosok pekerja keras. Hal ini dikarenakan dengan penuh cita-cita untuk membangun negeri. Maspar sukses merebut hati masyarakat, sehingga terpilih menjadi anggota DPRD Kuansing periode 2014-2019 dan 2019-2024. 

Maspar yang dulu dan sekarang dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap pembangunan dan perkembangan daerah.

Di legislator Kuansing, Maspar sekarang masih diamanahkan sebagai Wakil Ketua Komisi I DPRD Kuansing. Sebuah komisi yang membidangi hukum, pendidikan dan pemerintahan. 

Maspar Mahmur merupakan salah seorang Dewan Senat Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau (UIR) tahun 1993. Kemudian, semasa bersekolah di SMAN 1 Kuantan Hilir  juga pernah menjadi Ketua OSIS dua periode.

Menurutnya, melalui organisasi sejak semasa di bangku Sekolah Menengah Atas itu, Maspar sudah mulai merintis dunia perpolitikan. Dengan harapan ada perbaikan ekonomi dan bisa memperjuangkan hak masyarakat. 

Sebelumnya, Maspar mengawali karir politiknya pada tahun 1999 silam. Dimana kala itu Partai Amanat Nasional (PAN) baru berdiri dan Maspar merupakan kader pertama sampai sekarang di partai berlambang matahari tersebut.

Divsaat mencempungi partai politik, pertama kalinya dipercayakan sebagai Ketua Departemen Pemuda dan Olahraga DPC PAN Kuantan Hilir (sebelum dimekarkan jadi 4 kecamatan yakni Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Saberang, Pangean dan Logas Tanah Darat) yang SK nya dikeluarkan oleh DPW PAN Riau, sebelum pemekaran Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dari Indragiri Hulu (Inhu).

Wakil Ketua PAN Kuansing ini aktif di Yayasan Pendidikan Islam Gerbang Sari Baserah. Bahkan pernah menjadi Tim Auditor Keuangan di Lembaga Akuntansi Drs Katio, Pinang Sebatang, Pekanbaru.  Maspar Mahmur, juga pernah menjabat sebagai Manager Marketing Bank Swamitra Baserah tahun 2002-2014 

Nah, sebagai wujud kepedulian terhadap pembangunan dan perkembangan derah Ia maju sebagai calon legislatif (Caleg) di DPRD Kuansing, untuk periode 2009 - 2014, tapi gagal. Oleh karena punya keinginan yang kuat.

Untuk menjadi anggota DPRD Kuansing, Maspar Mahmur kembali mencoba peruntungan. Dan kembali menjadi caleg pada pemilu 2014. 

"Alhamdulillah terpilih, berhasil duduk," kata Maspar Mahmur. 

Keberhasilannya terpilih menjadi wakil rakyat menambah semangatnya untuk terus memperjuangkan hak-hak dan aspirasi masyarakat. Banyak hal yang telah diperjuangkannya. Tidak hanya bermanfaat bagi konstituennya, namun juga membawa manfaat bagi masyarakat Kuansing secara umum. 

Sebagai sosok pekerja, Maspar  mengaku tahu betul bagaimana memperjuangkan perekonomian tersebut. Tidak cukup satu periode berjuang untuk kepentingan rakyat, Maspar kembali terpilih sebagai anggota DPRD Kuansing untuk periode 2019-2024. 

Dari perjalanan politiknya di PAN hingga sekarang, sosok pekerja yang dimilikinya sangat berperan dalam mendukung pembangunan dan perkembangan daerah, mulai dari pusat hingga daerah sudah cukup nyata.

"Pekerja harus berani berkorban memikirkan ekonomi masyarakat dengan cara masuk ke dalam sistem pemerintahan, baik di eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Kalau di eksekutif, jadilah eksekutif yang baik dan menjadi pelaku pembangunan di tengah masyarakat. Kalau di legislatif, ya jadilah politikus yang baik, yang selalu memperjuangkan hak-hak masyarakat dan daerahnya. Demikian pula di yudikatif, harus disesuaikan dengan fungsi dan tidak membebani masyarakat. Jika ingin merubah sesuatu hal itu ke arah yang lebih baik dan meningkatkan perekonomian masyarakat, kita harus berani terjun langsung. Kalau tak terjun langsung, mewujudkan cita cita akan sulit," katanya.  Kesimpulannya, lanjut Maspar, Ia maju dan berhasil sebagai Anggota DPRD Kuansing seperti hari ini karena kemauan yang kuat dan diamanahkan oleh masyarakat dan negeri. "Jika sudah masuk dalam sistem, kita bisa berbuat banyak untuk masyarakat dan daerah, Insya Allah akan selalu berjuang untuk yang lebih baik," papar Maspar.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler