Kanal

Angka Indeks Kerukunan 69,3, Riau Urutan 30

Jakarta, Hariantimes.com - Angka Indeks Kerukunan tahun 2019 ini sebesar 73,83. Angka ini lebih tinggi dari Indeks tahun 2018 sebesar 2.93.

Dimana pada tahun 2018 Indeks Kerukunan Nasional sebesar 70.90. Dalam rentang kategori hasil Indeks KB, ini termasuk ke dalam kategori Tinggi (60-80). 

"Provinsi Riau berada pada urutan 30 dengan indeks 69,3. Urutan ini turun. Sebelumnya tahun 2018 pada angka 17, tahun 2019 urutan 30,” ungkap Kasubbag Hukum & KUB, Dr H Anasri Nurdin SAg  MPd pada acara Peluncuran Indeks Kerukunan Agama 2019 di Aula HM Rasyidi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Walaupun dalam kategori tinggi, sebut Anasri, namun Riau berada di bawah angka rata-rata Nasional 73,83. Tentu makna angka ini perlu ditelisik dan dicermati di indikator mana Riau bisa berada pada urutan angka 30. Tentu hasil ini perlu dibicarakan dan jadi bahan yang "menggelitik". Sebab rata-rata yang berada di bawah angka indeks nasional terbawah Aceh, Sumbar, Jabar, Banten, NTB, Jambi dan DKI.

“Apakah di kerjasama atau ditoleransi, atau kesetaraan,” pungkas Anasri.

Untuk diketahui, acara Peluncuran Indeks Kerukunan Agama 2019 ini dimulai dengan Laporan Kepala Balitbang Kemenag RI, Prof Abdurrahman.

Dalam laporannya, Prof Abdurrahman menyampaikan bahwa peluncuran indeks kerukunan ini adalah wirid tahunan yang mesti disampaikan sebagai sebuah hasil kajian ilmiah kepada seluruh stakeholder dan ditindaklanjuti dalam mendukung kebijakan pada sektor-sektor lain.

Pada kesempatan itu Menteri Agama sebagai keynote speaker menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Balitbang yang telah mengekspos hasil penelitian tersebut.

Menag memaparkan tiga Indikator kerukunan yang dijaring di 34 Provinsi terdiri dari toleransi, kesetaraan dan kerjasama. 

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dihadiri Prof Azumardi Azra.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler