Kanal

DPMPTSP Pekanbaru Efektifkan Pelayanan Mobil Pelayanan Keliling

Pekanbaru, Hariantimes.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru akan mengekfektifkan pengoperasian mobil perizinan pelayanan kelilingnya setelah kabut asap yang melanda daerah berakhir.

Pasalnya, dalam kondisi kabut asap sekarang ini akan beresiko menurunkan  petugas ke lapangan. Karena mobil pelayanan keliling DPMPTSP jenis kendaraan terbuka. 

"Saya khawatir petugas kita akan sakit terpapar kabut asap kalau terlalu lama berada di tempat terbuka. Sebaiknya usai kabut asap kita efektifkan pengoperasian mobil itu," ujar Sekretaris Dinas (Sekdis) DPMPTSP Kota Pekanbaru, F Rudi Mardian menjawab Hariantimes.com di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurut Rudi, kendaraan operasional pelayanan keliling DPMPTSP Kota Pekanbaru yang bentuk dan warnanya mirip dengan bus Trans Metro Pekanbaru sudah siap seratus persen untuk beroperasi di lapangan dalam melayani perizinan-perizinan usaha yang dibutuhkan masyarakat.

"Adapun jenis perizinan yang akan dilayani petugas pelayanan keliling adalah perpanjangan perizinan seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)," ujarnya.

Menurutnya, semua fasilitas yang terdapat di dalam kendaraan pelayanan perizinan DPMPTSP Pekanbaru tak ada masalah. Semua sarana yang diperlukan sudah tersedia lengkap.

"Itu (mobil) sudah oke, tidak ada masalah. Komputer berikut perangkatnya sudah tersedia dan siap pakai. Meja dan kursi untuk dua orang petugas pelayanan, plus kursi dan meja tulis bagi warga saat mengisi atau menulis formulir perpanjangan perizinannya  juga tersedia lengkap dan bagus. Demikian juga dengan sarana penerangan seperti lampu dan generator listrik (genset) juga sudah lama stanbay," jelas Rudi

Nantinya, jelas Rudi pula, mobil pelayanan tersebut akan menyasar daerah-daerah pinggiran Kota Pekanbaru yang ramai karena sedang berlangsung acara atau event tertentu atau di lokasi-lokasi yang ramai didatangi masyarakat seperti pasar tradisional maupun pasar moderen yang sekarang sudah banyak berdiri di kecamatan-kecamatan dalam  "Kota Smart City Madani" ini.

Meski pengoperasian kendaraan perizinan keliling ini bertujuan untuk mempermudah  masyarakat  Pekanbaru yang tingal jauh dari pusat Kota Pekanbaru mendapatkan layanan perizinan dari DPMPTSP, namun 'kehadirannya' di tengah masyarakat, ucap Rudi Mardian, tidak setiap hari.

"Dua kali dalam seminggu, yaitu hari Selasa dan Kamis sebagaimana yang telah kita jadwalkan. Namun jadwal kunjungan sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kondisi yang sedang dan akan terjadi," ucapnya.

Adapun biaya atau anggaran  operasional untuk kendaraan dan petugas pelayanan, menurut Rudi, telah tersedia. 

"Standar saja, tidak terlalu besar anggaran yang dibutuhkan," katanya.(*)

Penulis: Karmawijaya

Berita Terkait

Berita Terpopuler