Kanal

Syamsuar: Kami Berharap Media Dapat Mengawal Kami

Pekanbaru, Hariantimes.com - Tiga ekor sapi yang disembelih panitia qurban PWI Riau pasrah tanpa perlawanan. 

Meski demikian, panitia penyembelihan tetap hati-hati saat sapi itu akan direbahkan. Soalnya, banyak sapi qurban melawan saat akan direbahkan. Bahkan ada yang kabur.

Namun berkat kelihaian panitia penyembelihan, satu persatu sapi tersebut bisa direbahkan dan selanjutnya disembelih dengan sempurna.

Prosesi penyembelihan tiga ekor sapi qurban PWI Riau ini berlangsung di halaman belakang Kantor PWI Riau, Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Senin (12/08/2019) mulai pukul 8.30 WIB pagi.

Sebelum penyembelihan dilaksanakan, satu dari tiga ekor sapi itu berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Riau. Dan sapi tersebut langsung diserahkan Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi kepada Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang. Acara penyerahan sapi bantuan Pemprov Riau disaksikan pengurus PWI Riau dan panitia qurban.

Usai menyerahkan sapi, Gubri berharap kepada wartawan untuk bersinergi dengan Pemprov Riau. Tentunya dalam rangka membantu tugas pemerintah mengatasi berbagai persoalan seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan penertiban perkebunan ilegal di Riau. 

"Kami mengharapkan dukungan kawan-kawan wartawan untuk mengimbau masyarakat supaya tidak membakar lahan dan hutan. Lebih bagus mencegah daripada memadamkan. Apalagi memadamkan api adalah pekerjaan yang cukup berat, ditambah lokasi kebakaran jauh dari sumber air," ujar Gubri.

Menurut Gubri, satgas karhutla baik TNI/Polri dan Manggala Agni sudah bekerja keras melakukan pemadaman dan pencegahan. Namun langkah itu belum cukup tanpa dukungan semua pihak. 

"Harapan saya tidak putus sampai di situ. Namun harap saya kepada kawan-kawan wartawan untuk menyampaikan ke masyarakat Riau dari suku dan golongan agar  bersama-sama menjaga marwah negeri ini dengan tidak membakar lahan," kata Gubri seraya mengatakan, pihaknya akan melakukan penertiban perkebunan ilegal.

"Kami akan menertibkan perkebunan ilegal, tak ada izin dan sebagainya. Dan kita melakukan rapat untuk memulai gerakan kami bersama Forkopimda, ada BPN, Kanwil Pajak dan lainnya untuk menyisir perkebunan ilegal," ungkapnya.

Makanya, kata Gubri, pihaknya memerlukan dukungan media. Sehingga ini mengurangi kebakaran lahan dan hutan. Karena media ini sebagai penyambung lidah rakyat dan pemerintah apa yang perlu disampaikan ke rakyat. Dengan begitu, apa yang menjadi harapan masyarakat dapat terwujud. 

"Kami juga berharap media dapat mengawal kami. Jika ada saran dan masukkan terbaik agar disampaikan. Sehingga kami bisa melaksanakan pekerjaan kami lebih baik," tukasnya.

Terkait bantuan hewan qurban, Gubri berharap agar dapat dirasakan oleh wartawan dan juga makna qurban dapat menjadikan contoh dari Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS sebagai peristiwa disunahkannya ibadah qurban bagi umat Islam.

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang mengucapkan terimakasih kepada Gubri yang langsung menyerahkan sapi qurban bantuan Pemprov Riau. Tentunya dengan bantuan sapi qurban ini akan menjadi semangat bagi PWI Riau untuk tetap melaksanakan penyembelihan hewan qurban setiap hari raya Idul Adha.

‘’Kami mengucapkan terimakasih. Semoga bantuan sapi qurban ini dapat mempererat hubungan PWI dengan Pemprov Riau. Dan tahun ini ada 2 ekor sapi dari qurban anggota PWI Riau dan ke depan jumlah hewan qurban PWI Riau akan semakin banyak,’’ ujarnya.

Zulmansyah juga menyebutkan, daging hewan qurban yang sudah dipotong, selain diperuntukan buat anggota PWI Riau, juga didistribusikan kepada masyarakat sekitar kantor PWI Riau dan juga sejumlah warga kurang mampu.(*)


Editor : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler