Kanal

Angka Kekerasan Terhadap Anak di Pekanbaru Capai 55 Kasus

Pekanbaru, Hariantimes.com - Angka kekerasan  terhadap anak di Kota Pekanbaru tercatat dari Januari 2019 hingga Juni 2019 mencapai 55 kasus. Kasus yang menonjol yakni pencabulan mencapai 26 kasus. 

Selanjutnya, ada kasus anak yang tidak mendapat hak sebanyak 10 kasus. Sedangkan anak berhadapan dengan hukum capai 9 kasus. Kemudian kasus KDRT terhadap anak mencapai 5 kasus. Lalu 3 kasus kekerasan terhadap anak bukan di lingkup rumah tangga dan 2 kasus penelantaran anak.

"Data dari Unit Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Pekanbaru, kasus pencabulan mendominasi kasus kekerasan anak di Kota Bertuah. Kasus pencabulan mencapai 26 kasus. Kasus pencabulan dominasi kasus kekerasan terhadap anak di Pekanbaru," jelas Konselor Unit Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Pekanbaru, Herlia Santi kepada media, Rabu (24/07/2019).

Santi menyebutkan, kebanyakan pelaku pencabulan terhadap anak di Kota Pekanbaru didominasi oleh orang dekat korban. Antara lain, ada ayah kandung korban yang tegas mencabuli anaknya sendiri. Pelaku lainnya adalah orang yang juga dekat dan seharusnya melindungi korban. Mereka yakni ayah tiri korban, sepupu korban, tetangga korban dan teman bermainnya sendiri.

"Saya menghimbau agar menjaga anak-anaknya dari para predator anak. Sebab orang terdekat di keluarga sekalipun berpotensi menjadi pelaku kekerasan terhadap anak," katanya.(*)


Penulis : Karmawijaya
Editor   : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler