Kanal

Pangeran Hilir Rantau Kuantan Wabup Kuansing Duduki Tahta Sang Jawara

Baserah, HarianTimes.com - Pangeran Hilir Rantau Kuantan Wabup Kuansing berhasil menduduki tahta Sang Jawara pada Event Pacu Jalur Tradisional Tingkat Rayon I Kabupaten Kuantan Singingi di Tepian Lubuok Sobou Baserah Kecamatan Kuantan Hilir Seberang yang digelar selama 3 hari berturut - turut, mulai sejak 4 - 6 Juli 2019.

Keberhasilan jalur yang merupakan kebanggaan masyarakat Kecamatan Cerenti berasal dari Desa Teluk Pauh itu merupakan keberhasilan yang kedua kalinya di musim tahun 2019 di 2 Kabupaten, yakni Indragiri Hulu (Inhu) dan Kuantan Singingi (Kuansing). Pertama kali menduduki tahta Sang Jawara dan memboyong Piala Bergilir pada Event Pacu Jalur Tradisional Tingkat Rayon I Kabupaten Inhu belum lama ini.

Kali ini, kembali meraih tahta Sang Jawara di negeri asal mula cikal bakal Pacu Jalur di Negeri Jalur Kuantan Singingi, yakni di arena pacu jalur Kota Baserah.

Konon dahulunya di kota ini juga terdapat Patung Ratu Helmina, seperti yang disampaikan Kadis Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen beberapa waktu lalu dalam sebuah bincang - bincang Sehat.

Namun saat ini, patung peninggalan sejarah itu telah terkubur bersama masa keemasan tersebut. Namun, dengan sedikitnya informasi yang didapat dari sejumlah warga akan keberadaan patung ini sehingga tak dapat dipastikan dimana posisi sesungguhnya.

Peringkat 10 besar yang berhasil membawa gelar kemenangan dalam event bergengsi tersebut, yakni jalur :

1. Pangeran Hilir Rantau Kuantan Wabup Kuansing dari Desa Teluk Pauh Kecamatan Cerenti.

2. Merangin Montiak Tuah Lipai Winda Songket dari Desa Sikakak Kecamatan Cerenti.

3. Limbago Sakti Rantau Kuantan PTSP Naker Kuansing dari Kopah.

4. Kilek Keramat Muaro Lai Pemprov Riau dari Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean.

5. Siluman Buayo Danau PUPR Kuansing dari Sitorajo Kari Kecamatan Kuantan Tengah.

6. Pulau Laghe Mandulang Untung dari Desa Pulau Madinah Kecamatan Kuantan Hilir.

7. Ular Putie Linggo Biso dari Desa Pulau Kulur Kecamatan Kuantan Hilir Seberang.

8. Kahulu Jantan Danau Kompe Tekad Kurniawan dari Desa Benai Kecil Kecamatan Benai.

9. Upae Saghok Ghimbo Dusun dari Baserah Kecamatan Kuantan Hilir.

10. Silancar Air dari Desa Teluk Pauh Kecamatan Pangean.

Keberhasilan beruntun jalur Sang Jawara, Pangeran Hilir Rantau Kuantan Wabup Kuansing yang termotivasi oleh dua pria pemimpin perkasa di millenial ini, yakni H Halim yang kini sebagai Wakil Bupati Kuantan Singingi dan Masdi sebagai Kepala Desa Teluk Pauh Cerenti. (hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler