Kanal

Bupati Buka Pacu Jalur Rayon I di Tepian Lubuok Sobou

Baserah, HarianTimes.com - Pacu Jalur Rayon I Kabupaten Kuantan Singingi di Tepian Lubuok Sobou Kecamatan Kuantan Hilir Seberang (KHS), secara langsung resmi dibuka Bupati Drs H Mursini MSi, pada Kamis (04/07/2019).

Bupati Kuansing yang didampingi oleh Asisten I Setda Muhjelan Arwan SH MH, Asisten III Setda Dr Agus Mandar SSos MSi serta para Kepala OPD dan Camat se Kuansing, beliau mengajak seluruh lapisan masyarakat Kuansing, baik diluar maupun didalam daerah untuk mensukseskan perhelatan pacu jalur sebagai event budaya tahunan di Kabupaten yang berjuluk Negeri Bumi Pacu Jalur.

"Ayo ke Kuantan Hilir Seberang, Ayo Kuansing ke Kuansing... mari saksikan pacu jalur tradisional Kabupaten Kuantan Singingi," ajak Bupati.

Bupati juga menyampaikan, bahwa secara filosofi pacu jalur ini mencerminkan kekompakkan masyarakat Kuansing. "Dimana masyarakat kita saling tolong menolong, bergotong royong dalam mambangun negeri agar terwujudnya Kuansing yang Unggul, Sejahtera dan Agamis," ucap Mursini.

Sementara itu, Camat Kuantan Hilir Seberang Drs Ahkyan Armofis mengatakan bahwa pacu jalur ini dilaksanakan selama tiga hari berturut - turut, yakni mulai 4 - 6 Juli 2019.

"Alhamdulillah pacu jalur rayon 1 kita ini di ikuti oleh sebanyak 72 jalur. Mudah mudahan ditahun mendatang lebih banyak lagi yang ikut berpartisipasi diajang bergengsi tingkat rayon Kuansing ini," kata Ahkyan.

Ahkyan Armofis menambahkan, "Kita sebagai pelaksana pacu rayon 1 di Lubuok Sobou ini sangat berharap kegiatan ini berjalan sukses, dan meminta seluruh masyarakat berpartisipasi mensukseskannya," harapnya. "Karena ini budaya kita bersama yang perlu kita jaga dan ini adalah kebanggaan kita," lanjutnya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Pelaksa Jasmadi SPd mengatakan bahwa pelaksanan pacu jalur hari pertama ini secara keseluruhan berjalan lancar dan sukses. "Alhamdulillah berjalan sukses. Suksesnya perhelatan pacu jalur kita ini adalah suksesnya kita bersama," ucap Jasmadi.

Masih kata Jasmadi, sejumlah jalur - jalur andalan dari masing masing desa dan kecamatan seperti Kilek Keramat Muaro Lai Pemprov Riau sebagai pemegang piala bergilir Rayon 1 Kuansing berhasil melaju ke hari kedua.

Kemudian jalur Kuntum Putri Bunga Andini RM Setia Kawan dari Baserah sebagai pendatang baru juga sukses melaju ke hari kedua, kata Jasmadi. "Jalur dari Dinas PTSP Naker Kuansing juga mampu melaju ke hari berikutnya. Serta jalur Pangeran Hilir Rantau Kuantan Wabup Kuansing dari Teluk Pauh Cerenti sekaligus bergelar Sang Jawara di Event Pacu Jalur Rayon I Inhu di Peranap lalu, juga mampu meloloskan diri ke babak berikut besok," papar Jasmadi. (hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler