Kanal

Yulian: Saya Nilai Kegiatan Ini Sangat Tepat

Meranti, Hariantimes.com - Sesuai dengan perannya, komunikasi politik bagi partai politik (parpol) sangat penting. Kenapa tidak? karena tanpa komunikasi politik keberadaan parpol di tengah masyarakat tidak akan berarti apa-apa.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Fery Yunadi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau pada acara Pemantapan Komunikasi Politik Terhadap Partai Politik se Kabupaten Kepulauan Meranti, di Ballroom Hotel Grand Meranti, Selasa (25/06/2019).

Kegiatan dalam rangka memberikan pengetahuan kepada Fungsionaris Parpol tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H Yulian Norwis SE MM.

Kegiatan ini sendiri berlangsung sehari dan diikuti 50 orang Fungsionaris Parpol se Kabupaten Meranti.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau Drs Chairul Rizk MSi, Kepala Kesbangpol Kabupaten Meranti, Nara Sumber Saiman Pakpahan Akademisi dari Unri, Nata Wardana Akademisi dari UIR, 50 Fungsionaris Parpol sebKabupaten Meranti dan lainnya.

Fery menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada peserta terkait bagaimana melakukan komunikasi politik yang baik dan meningkatkan peran Parpol sebagai media komunikasi yang dapat diandalkan dimasyarakat.

Dalam sambutannya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau Drs Chairul Rizki MSi mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar di jabupaten se Riau, khususnya yang akan menggelar Pilkada serentak di tahun 2020 mendatang. Dan bagi Parpol sendiri, sangat penting karena Parpol merupakan salah satu Pilar Demokrasi. 

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada semua Fungsionaris Parpol dalam menjalankan tugas dan Fungsinya ditengah masyarakat," ujar Rizki.

Pada kesempatan itu Rizki juga menyinggung soal bantuan Pemerintah terhadap Parpol demi kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsinya sesuai dengan Pasal 434 UU No. 7 Tahun 2017.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H Yulian Norwis SE MM mengapresiasi Kesbangpol Provinsi Riau yang telah memfasilitasi kegiatan Pemantapan Komunikasi Politk Parpol sebKabupaten Meranti.

Sekda berharap, melalui kegiatan itu dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman pada Fungsionaris Partai dalam menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat. Dan pelaksanaan kegiatan ini sangat tepat, seiring Indonesia baru saja selesai menggelar Pemilu serentak Pilpres dan Pileg Tahun 2019. 

"Saya nilai kegiatan ini sangat tepat, karena kita baru saja selesai menggelar Pemilu 2019 di Kepulauan Meranti yang berjalan dengan aman, sukses dan lancar. Semua itu berkat komunikasi yang baik antara semua Parpol yang ada dengan Pemerintah serta masyarakat," jelas Sekda.

Selain itu Sekda berharap, semua pengetahuan yang diperoleh dari narasumber  dapat diaplikasikan para Fungsionaris Parpol sebagai salah satu Pilar Demokrasi dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat saph satunya penyalur aspirasi masyarakat kepada Pemerintah.

Pada kesempatan itu, Narasumber Saiman Pakpahan memberikan pencerahan kepada Fungsionaris Parpol tentang bagaimana melakukan Komunikais Politik yang baik di tengah masyarakat untuk mencapai tujuan Parpol.

Sementara Nata Wardana lebih mengedepankan pada pemanfaatan media yang difungsikan dalam menyampaikan pesan politik kepada masyarakat. 

Dari pantauan media, dua topik yang dibahas ini cukup mendapat perhatian dari peserta yang ditandai yang cukup antusias melakukan tanya jawab dengan para narasumber.(azw)

Berita Terkait

Berita Terpopuler