Kanal

Lestarikan Budaya Lokal, Pendirian Sosoran Silat Pendekar Batuah

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Dalam rangka melestarikan kebudayaan asli dari Bumi Pacu Jalur, yakni Silat Pendekar Batuah di Kenegerian Teratak Air Hitam. Sejumlah pendekar berkumpul dan bersatu untuk membuka kembali Sosoran sebagai tempat latihan para Pesilat Silat Pendekar Batuah.

Selain melestarikan, juga guna untuk mencari bibit generasi penerus Silat Pendekar Batuah dari Kenegerian Teratak Air Hitam. Dimana sosoran ini didirikan di Dusun Libuai Desa Jalur Patah, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau.

"Alhamdulillah, selama Ramadhan 1440 Hijriyah ini kenegerian kita sudah memiliki sosoran Silat Pendekar Batuah yang baru," ungkap Tomirwandi, salah seorang Tokoh Pemuda, Jumat malam (10/05/2019) disela menyaksikan latihan silat tersebut.

Maka dari itu, lanjut pria yang akrab disapa Wandi mengatakan, bahwa dirinya sangat berharap kepada Pemerintah Daerah untuk bisa mengakomodir kegiatan kebudayaan masyarakat sebagaimana pemerintah pusat, Presiden RI tengah menggalakan pelestarian budaya - budaya lokal yang ada diseluruh wilayah Indonesia.

"Kita berharap, baik itu Pemerintah Provinsi Riau maupun Kabupaten Kuansing melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk bisa menggalakan sebagai wujud untuk melestarikan kebudayaan lokal di Kabupaten Kuansing," ujar Wandi. (hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler