Kanal

Korps PMII Putri Gelar Talkshow Pemilu Damai Indonesia Maju, KOPRI Mandiri dan Maju untuk Indonesia

Pekanbaru, Hariantimes.com - Korps PMII Putri (KOPRI) PKC PMII Riau menggelar talkshow pra-harlah  aula gedung Dharma Wanita Provinsi Riau pada Senin (20/11/2023).

Talkshow dalam rangka menyambut Hari Lahir (Harlah) ke-56 KOPRI ini mengusung tema "Pemilu Damai Indonesia Maju, KOPRI Mandiri dan Maju untuk Indonesia".

Talkshow yang dilangsungkan dengan dua sesi tersebut dapat pula diikuti secara dalam jaringan (daring) melalui media sosial KOPRI PKC PMII Riau.

Sesi pertama membahas topik seputar pemimpin muda dan kepemimpinan muda dengan pembicara Drs H Dastrayani Bibra MSi.

Sedangkan sesi ke dua membincangkan terkait pemilu sebagai sarana integrasi bangsa dengan menghadirkan komisioner KPU Nugroho Noto Susanto SIP dan Koordinator Umum Perhimpunan Pemillih Indonesia (PPI) Hasan MSi.

Talkshow ini bertujuan memberikan pendidikan politik dan pemilu kepada mahasiswa dalam  menyikapi pemilu serentak 2024 mendatang.

Ketua panitia harlah KOPRI Ananda Febrita menyampaikan, talkshow ini membahas dua topik yakni Pemimpin Muda dan Kepemimpinan Muda, lalu Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. Diskusi yang bersemangat dan tajam dari para narasumber dan audiens telah menjadikan acara ini sangat bermakna. Semoga ide-ide dan pandangan yang dibagikan dapat terus menginspirasi tindakan positif dan refleksi mendalam.

"Talkshow ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian agenda harlah KOPRI yang jatuh pada tanggal 25 November. Konsep harlah KOPRI tahun ini memang akan diselenggarakan berbeda dari biasanya. Nanti pada puncak harlah kita akan menggelar Ekspo Budaya yang akan menampilkan budaya-budaya yang ada di Nusantara. Seperti pakaian adat, tarian daerah, lagu-lagu daerah dan sebagainya," ulas Ananda Febrita.

Ketua KOPRI PKC PMII Riau Meta Ratna Sari menyampaikan, Pemilu Damai merupakan tema resmi harlah KOPRI tahun ini.

"Saya kira tema ini penting di angkat karena kita sebentar lagi akan melaksanakan pemilu serentak. KOPRI harus berperan serta dalam mewujudkan pemilu damai. Partisipasi KOPRI akan memberi berdampak, karena KOPRI khususnya di provinsi Riau tersebar di beberapa cabang," katanya.

Sekretaris aumum KOPRI PKC PMII Riau, Dewi Sari menyebutkan, tema harlah ini berangkat dari situasi tanah air yang sedang kita hadapi. Momentum harlah ke-56 tahun KOPRI dihadapkan dengan berbagai dinamika bangsa khususnya terkait pemilu.

"Kita tau pada praktiknya pemilu seringkali menjadi ruang perpecahan. Untuk itu dengan dilaksanakannya talkshow ini diharapkan dapat menambah wawasan dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya partisipasi dalam mewujudkan pemilu damai," harap Dewi Sari.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler