Kanal

Mursini: Masyarakat Harus Pintar Memanfaatkan Moment Ini

Baserah, HarianTimes.Com - Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi membuka secara resmi Pacu Jalur Tradisional di Tepian Lubuok Sobae Baserah. 

Acara pembukaan berlangsung di Pendopo Kantor Camat Kuantan Hilir, Selasa (14/08/2018).

Dalam arahannya, Bupati Kuansing Mursini mengapresiasi pihak kecamatan, panitia dan masyarakat yang melaksanakan pacu jalur. 

Menurutnya, pacu jalur ini merupakan budaya Kabupaten Kuansing yang harus didukung. Bahkan pada tahun lalu pacu jalur Kabupaten Kuansing menjadi yang terpepuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API).

"Dengan adanya pacu jalur ini dapat menyambung silahturahim antar pemerintah dan masyarakat. Disamping itu, diharapakan bagi atlet pacu tetap junjung sportivitas agar tidak terjadi gesekan yang nantinya akan memecahkan silahturahmi," harap Bupati.
 
Selain itu, dengan adanya pacu jalur ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan untuk meningkat perekonomi keluarga.

"Janganlah income ini hanya dinikmati oleh masyarakat dari luar daerah. Jadi sekali lagi masyarakat harus pintar memanfaatkan moment seperti ini," terang Bupati.

Pada tahun ini, salah satu budaya Kuansing masuk dalam API yakni Perahu Begandung. Maka dari itu, Pemerintah Daerah meminta dukungan semua masyarakat Kuansing dengan cara ketik API 8D kirim ke 99386 agar nantinya Perahu Bergadung ini keluar sebagai budaya terpopuler di API.

Ketua pelaksana Pacu Jalur Tradisional, Sumardi mengapreasi atas kehadiran Bupati berserta rombongan yang nantinya akan membuka secara resmi pacu jalur tradisional ini.

"Pacu jalur tradisional di Tepien Lubuok Sobae diikuti oleh 83 jalur dari sejumlah kecamatan di kabupaten Inhu," ujarnya.

Sementara itu, Camat Kuantan Hilir Drs. Yulfides menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pacu jalur berlangsung khususnya. Dia juga mengatakan, bahwa sebagaimana filosofi pacu jalur ini adalah budaya gotong royong yang mencerminkan kekompakkan suatu daerah antara masyarakat yang satu sama lainnya.

"Melalui pacu jalur kita rajut tali silaturahmi dan perkokoh kekompakkan untuk memajukan daerah. Mari kita dukung program pemerintahan guna percepatan pembangunan di daerah," kata Yulfides.

Turut hadir mendampingi Bupati, Asisten III Dr.l Agus Mandar SSos MSi, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Marwan SPd MM, Kepala BKPP Ramli SSos, Direktur RSUD Teluk Kuantan dr. H. Fahdiansyah, SpOG, serta sejumlah Kepala OPD di Lingkup Pemkab Kuansing, Camat Kuantan Hilir Seberang Drs. Akhyan Armofis, Camat LTD Jhon Pitte Alsi SIP, Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, SE, Camat Inuman Sardi Syam SSos, Camat Cerenti Arta Melia SSTP MSi, Kapolsek Kuantan Hilir AKP Tapip Usman, SH, Danramil /07 Kuantan Hilir, Kapten Inf Kadarisman, Datuk Penghulu Nan Barompek Kenegerian Koto Tuo, Kades, BPD, Kepsek, Korwil serta tokoh masyarakat se Kecamatan Kuantan Hilir.(hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler