Kanal

Dibina PPL Teladan Syafri Lubis, Kades Gunkes Firdaus Lakukan Budidaya Anggur Hijau

GUNKES, HarianTimes.com Kepala Desa Gunung Kesiangan, Firdaus SAg bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Benai, Syafri Lubis SP melaksanakan budidaya varietas Anggur Hijau.

Dimana budidaya Anggur Hijau ini sudah berjalan sejak awal tahun 2022, dengan menggunakan anggaran pribadi dengan sistem pemanfaatan pekarangan rumah miliknya di Desa Gunung Kesiangan (Gunkes) Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana awalnya, Firdaus yang juga seorang Kepala Desa di Gunung Kesiangan itu tertarik dengan budidaya Anggur Hijau setelah berkunjung dan melihat langsung di pekarangan rumah salah seorang Kabid di Bappeda Provinsi Riau, Ir Hardison MP di Kota Pekanbaru, Riau.

Setelah mendapat pemahaman dari sang Insinyur Pertanian yang merupakan putra daerah Kabupaten Kuansing kelahiran Benai itu, Firdaus semakin paham dan yakin bisa berhasil melakukan budidaya Anggur Hijau yang kini tengah digalakkannya.

“Ini merupakan tahap uji coba, jika ini berhasil kita budidayakan ini, insya Allah akan kita tambah lagi, akan kita lestarikan lagi kedepannya,” ujar Firdaus yang merupakan Alumnus IAIN Pekanbaru, Riau itu.

Dimana kata Firdaus, budidaya Anggur Hijau atau Anggur ini dibutuhkan kesabaran dalam merawat dan menjaga masa-masa pertumbuhan sehingga bisa sesuai dengan anjuran dan metoda yang sesungguhnya.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan dan binaan dari Pak PPL kita ini, bisa kita jalani proses tahap demi tahap dalam merawat dan melestarikan budidaya Anggur Hijau ini,” jelas Firdaus, Ahad (23/10/2022) di Rumah Anggur miliknya.

Lebih lanjut, Firdaus mengatakan, setiap tahapan dalam proses pemeliharaan agar Anggur Hijau ini bisa berjalan dan tumbuh dengan baik, tentu dengan saran dan masukan teknis bertanam dan perawatan tanaman itu sendiri.

“Harus kita jaga, dan perhatikan setiap perkembangan setiap harinya, seperti daun dan pupuknya, kita lakukan saran sesuai binaan yang diberikan oleh Pak PPL kita, dan Pak Hardison yang merupakan motivator dalam budidaya Anggur Hijau ini,” tandas Firdaus.

Ketika HarianTimes.com berkunjung ke kediaman Firdaus di Desa Gunung Kesiangan, disaat bersamaan juga menjumpai PPL BPP Kecamatan Benai, Syafri Lubis SP tengah melakukan perawatan ditahap pembuahan Anggur Hijau.

“Iya, kita saat ini lagi melakukan pemangkasan cabang tersier untuk proses pembuahan, melakukan pemangkasan bud (bonggol) pada ruas cabang tersier 1 sampai 8 supaya buahnya lebat, daunnya pun harus dipangkas habis, dan berikan pupuk buah merk NKP dengan perbandingan 1 sendok makan 1 liter air per batangnya,” beber Syafri Lubis yang merupakan Penerima Penghargaan Penyuluh Teladan Terbaik 1 Se-Kabupaten Kuansing dari Plt Bupati Drs H Suhardiman Amby Ak MM bersempena Hari Jadi Kuansing di Lapangan Limuno Teluk Kuantan.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler