Kanal

Ikuti Latihan Kepemimpinan IPNU-IPPNU di MAN 4 Pekanbaru

Pekanbaru, Hariantimes.com  - Sebagai komitmen menyiapkan generasi yang mampu menjadi pemimpin di masa mendatang, MAN 4 Pekanbaru melalui Bidang Kesiswaan bekerja sama dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Pekanbaru, mengikuti Latihan Kepemimpinan Lanjutan.

Kegiatan yang  diberi nama Masa Kesetiaan Agnggota (Makesta), bertemakan "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" di Ruang Aula Gedung Asrama MAN 4 Kota Pekanbaru pada, Sabtu (15/10/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 49 orang Pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dari 8 Madrasah di Kota Pekanbaru, plus MAN 1 Kuantan Singingi dan MAN 1 Dumai.

Kegiatan ini dibuka oleh Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, H Abdul Wahid SAg MIkom, dengan narasumber Penggagas Rumah Toleransi, Ketua PW GP Anshor Riau, Purwaji SSos, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau, Ahmad Royhan Qodri SH, Ketua IPNU Riau, Mhd. Manshur, Ketua IPPNU Riau, Cherly Putri Ramadani, dan Ketua IPNU Kota Pekanbaru, Digo Anugerah Rivai.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Harlah Ke-4 MAN 4 Kota Pekanbaru dan Peringatan Hari Santri Tahun 2022 yang puncaknya akan ditaja pada 22 Oktober nanti.

"Inibdilaksanakan dengan tujuan sebagai sarana fasilitasi latihan kepemimpinan lanjutan, setelah pelaksanaan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan  (LDK) di masing-masing madrasah," ujar Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru, Agus Salim Tanjung MA.

Agus Salim Tanjung didampingi Zendri Hendri MPd Waka Kesiswaan mengatakan, upaya kanalisasi ruang eskpresi pengurus OSIM ke perhimpunan organisasi pelajar eksternal madrasah, serta wadah perluasan networking antar pengurus OSIM untuk konsolidasi.

“Untuk awalan kegiatan ini langsung di heandle Bidang Kesiswaan Madrasah. Makesta merupakan kegiatan pengaderan tingkat awal IPNU-IPPNU. Setelahnya nanti, sesudah menjadi kader akan dikelola oleh pengurus Komisariat IPNU-IPPNU MAN 4 Kota Pekanbaru," tambahnya.

Selain menyampaikan apresiasinya agar kegiatan ini dapat direplikasi para pengurus OSIM di tempat asalnya, Purwaji S.Sos salah satu narasumber kegiatan, juga mengharapkan, semoga kegiatan ini dapat melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang komit dengan ke-Indonesia-an.

"Kita  tidak pesimis, apalagi kalah dalam menghadapi gerakan intoleran dan radikal di negeri yang kita cintai," ujar penggagas Rumah Toleransi Riau tersebut dan kegiatan ditutup dengan pengukuhan keanggotaan dan penyerahan sertifikat IPNU-IPPNU.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler