Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Selasa, 25 Agustus 2020
 
Studi Jurnalistik PWI Riau di Vietnam
Zulmansyah Bawa Rombongan Kunjungi Tiga Media Besar di Ho Chi Minh
Sabtu, 21 September 2019 - 00:31:01 WIB
Rombongan saat melakukan pertemuan dengan Tuoi Tre Newspaper.

Ho Chi Minh, Harisntimes.com - Hari ketiga program studi jurnalistik goes to Vietnam, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau H Zulmansyah Sekedang membawa rombongan mengunjungi tiga media besar di Ho Chi Minh City.

Tiga media yang dikunjungi pada Kamis (19/09/2019) itu yakni Tuoi Tre Newspaper, Phapluat dan Ho Chi Minh City Television (HTV).

Kunjungan rombongan studi jurnalistik PWI Riau di tiga media ini dalam rangka untuk sharing ilmu, terkait perkembangan media massa saat ini.

Yang menjadi sasaran kunjungan pertama yakni Tuoi Tre Newspaper. Satu jam setelah itu, rombongan studi jurnalistik yang dipimpin H Zulmansyah Sekedang langsung menuju ke markas Phapluat dan terakhir ke HTV.

Di Markas Tuoi Tre Newspaper, rombongan studi jurnalistik PWI Riau yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 35 media cetak, online dan televisi ini disambut oleh Editor-in-chief Lê Thế Chữ, Associate editor Vũ Văn Bình,  Đỗ Văn Dũng dan Lê Xuân Trung.

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang mengawali sambutan memperkenalkan satu per satu jajaran pengurus PWI Riau yang turut hadir dalam pertemuan ini. Usai itu, Zulmansyah menyampaikan maksud dan tujuan rombongan studi jurnalistik PWI Riau dengan tagline Goes To Vietnam berkunjung ke Tuoi Tre Newspaper. Yakni untuk berdiskusi soal bagaimana media massa mendukung pariwisata daerah. Karena Vietnam sekarang pariwisatanya sangat pesat. 

"Selanjutnya kami berterima kasih sekali disambut di tempat yang megah ini. Kami juga mengundang kawan-kawan di Tuoi Tre Newspaper berkunjung ke Riau. Nanti kasih juga buah anggur yang lebih besar lagi," ujar Zulmanayah.

Mendengar sambutan Zulmansyah, Editor-in-chief Tuoi Tre Newspaper Lê Thế Chữ menginformasikan, Tuoi Tre Newspaper lebih fokus pada platform digital. Mengingat munculnya smartphone dan media sosial. 

"Ini adalah tren umum surat kabar di seluruh dunia," ucap Chu seraya menyebutkan, Tuoi Tre memiliki enam anak perusahaan yaitu Tuoi Tre Daily, Tuoi Tre Weekend Magazine, Tuoi Tre Cuoi(Caricature Tuoi Tre), Tuoi Tre Online, Tuoi Tre TV and Tuoi Tre News. Dan secara finansial independen dari pemerintah, meskipun berada di bawah naungan Ho Chi Minh City Union of Communist Youth Union.

Disamping itu, Tuoi Tre tidak hanya fokus ke bisnis saja. Melainkan punya tanggung jawab sosial.

"Untuk pengembangan, kami telah mengumpulkan lebih dari VND370 miliar (US $16 juta) untuk mendukung secara finansial 80.000 siswa dan memberikan bantuan untuk lebih dari 3.500 guru," ungkap Chu seraya memberitahukan, Tuoi Tre memiliki sekitar 100 reporter penuh waktu dan jaringan kontributor yang tersebar di Vietnam dan di seluruh dunia. 

"Meskipun kami tidak memiliki koresponden resmi di kantor-kantor di luar negeri, tetapi setiap kali ada peristiwa besar terjadi di suatu tempat tertentu, kami akan segera menyokong reporter kami untuk meliputnya," cakap Chu lagi sembari mengatakan, dulu oplah Tuoi Tre bisa mencapai lebih dari 5.000 eksemplar. Tapi sekarang sedikit mengalami penurunan dikarenakan munculnya media online. Namun demikian, Tuoi Tre akan selalu menyajikan berita-berita menarik untuk masyarakat Vietnam. 

"Selain berita-berita umum, kami juga menyajikan berita-berita buat orang bisa tersenyum lewat konten-konten yang ada di Tuoi Tre," katanya.(*)


Penulis/Editor : Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • Zulmansyah Bawa Rombongan Kunjungi Tiga Media Besar di Ho Chi Minh
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Unilak Gelar Pelatihan Pencegahan Karhutla
    02 Bupati Mursini Dihujani Usulan Prioritas di Inuman
    03 Khalid: Kami Sudah Berusaha Meminta Proses Ganti Rugi Sejak 2014
    04 Kunni: Tahun Ini Semakin Sangat Kolaboratif
    05 Pemkab Meranti Gelar Bimtek Perencanaan Pengadaan Barang
    06 Satresnarkoba Polres Meranti Amankan 3 Tersangka, 1 DPO
    07 Wabup: Silahkan Kades Menyampaikan Masukkan dan Saran
    08 Belasan Relawan Diterjunkan ke Pulau Rupat
    09 Bupati Minta Camat Cerenti Sampaikan Usulan Prioritas
    10 SMSI Siap Bantu Media Siber Riau Untuk Verifikasi ke Dewan Pers
    11 Masdi : Jika Beliau Ada Salah Mohon Dimaafkan
    12 Sardiyono Jemput Aspirasi Masyarakat
    13 Pemkab Meranti Berikan Bimtek ke Naker Kelistrikan PJU
    14 Kapolda Riau Kunker ke Polresta Pekanbaru
    15 Awaluddin: Kita Masih Mengumpulkan Data-Data atau Bukti
    16 Kamis, Pengurus DMDI Riau Dilantik
    17 PLN Teken Perjanjian Kerjasama dengan BPN
    18 Zulhas: Jangan Pertentangkan Pancasila dengan Agama
    19 Pemkab Meranti Akan Terapkan Sistem Penggajian Single Salary dan Pemangkasan Birokrasi
    20 Edwin: Lahan Masyarakat dengan Indikasi Unsur Kesengajaan
    21 RAPP Kampanyekan "Dari Sampah Menjadi Berkah dan Emas"
    22 Zapnil Helmi : Gubri Berikan Bantuan 220 Ribu Benih Ikan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public