Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 23 Agustus 2019
 
Evaluasi Pemilu Serentak 2019
Prodi IP Pascasarjana UIR Hadirkan 4 Pakar Bidang Pemerintahan
Minggu, 12 Mei 2019 - 10:46:33 WIB
Empat pakar bidang pemerintahan mengevaluasi pemilu serentak 2019.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Program Studi Ilmu Pemerintahan (Prodi IP) Pascasarjana Universitas Islam Riau (UIR) membahas mengevaluasi Pemilihan Umum 2019 bersama 4 pakar bidang pemerintahan di Pekanbaru, Sabtu (11/05/2019). 

Empat pakar itu masing-masing Dosen Pascasarjana IPDN, Prof Dr Sadu Wasistiono, Prof Dr H Yusri Munaf, SH, MHum (Staf Pengajar Pascasarjana UIR), Dr Drs Affan Sulaeman, MA (Ketua DKPP Provinsi Jawa Barat dan Dosen Universitas Pajajaran Bandung) dan Associete Profesor Dr Zaheruddin Othman dari Universitas Utara Malaysia.

Seminar ini dihadiri Direktur Pascasarjana UIR Dr Ir Saipul Bahri, Wakil Direktur II Dr. Syahrul Akmal Latif dan Dosen-dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan. Tulisan-tulisan yang terbentang pada seminar akan dimuat ke dalam prociding yang diharapkan bermanfaat bagi dosen serta prodi dan pascasarjana.

Dikesempatan itu, Dosen Pascasarjana IPDN, Prof Dr Sadu Wasistiono dalam analisisnya mengungkapkan, Pemilu 2019 dalam prakteknya telah menimbulkan berbagai masalah. Antara lain petugas pemilu (KPPS, Bawaslu, petugas keamanan) yang meninggal atau sakit karena diduga kelelahan dan penyebab lainnya.  

Masalah lain, adanya dugaan ketidakjujuran dalam menjalankan sistem. Sehingga menguntungkan pihak-pihak tertentu, yang nantinya perlu diuji kebenarannya melalui sidang pengadilan. 

Disamping itu, berbagai berita hoax melalui media social yang dibuat oleh mereka yang sedang berkompetisi menimbulkan gambaran pascakebenaran (post truth), yang dapat mengaburkan kebenaran sesungguhnya dan dapat menimbulkan kebingungan masyarakat.

Menurut Sadu, penyerentakan pemilihan umum presiden/wakil presiden dengan pemilihan legislative membuat masyarakat lebih fokus pada sosok presiden dan wakil presiden daripada sosok calon anggota DPR RI maupun anggota DPRD. 

‘’Saat berada di bilik pencoblosan, masyarakat lebih banyak memilih tanda gambar daripada calon anggota legislatif. Apalagi tidak ada foto anggota DPR RI dan DPRD kecuali foto anggota DPD,’’ tandas Sadu Wasistiono.

Dalam analisisnya, Sadu menyarankan perlu ada evaluasi yang berujung pada perubahan Undang-undang tentang Pemilihan Umum. Karena sistem yang ada sekarang telah membuat masyarakat menjadi bingung dan apatis. 

"Setiap system memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Sistem Pemilu Serentak memberi keuntungan, karena ada kepastian mengenai presiden sebagai pemenang pemilu dengan jumlah suara mayoritas di DPR RI. Presiden yang didukung oleh mayoritas anggota DPR akan memudahkan dalam pembuatan kebijakan strategis termasuk RPJN dan berbagai perundang-undangan terutama pembahasan menyangkut APBN,’’ tukas Sadu Wasistiono.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL yang membuka Seminar Nasional dan Antar Bangsa ini menyambut baik terselenggaranya. Karena kegiatan bertaraf international ini diikuti ratusan mahasiswa strata satu dan pascasarjana prodi ilmu pemerintahan.
  
Menurut Ketua Prodi IP Dr Rahyunir Rauf, seminar ini akan dilaksanakan setiap tahun dengan tema berbeda. 

‘’Melalui seminar ini kita ingin meningkatkan atmosfir kehidupan akademik kampus dan meningkatkan mutu ilmu pemerintahan sehingga pada akhirnya terjadi proses pematangan berfikir bagi mahasiswa maupun dosen,’’ ujar Rahyunir Rauf.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Prodi IP Pascasarjana UIR Hadirkan 4 Pakar Bidang Pemerintahan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 YS, Warga Banglas Barat Diamankan Polisi
    02 Kanit Intel Polsek Bukit Batu Buka Turnamen Sepakbola Dompas Cup
    03 SKK Migas Taja Forum Diskusi Kontribusi Sektor Hulu Migas di Batam
    04 Zia: Target Kita Berikan Edukasi ke Masyarakat
    05 Sekda: Saya Berharap Semua Peserta Lulus
    06 Warga Tolak Pembebasan Lahannya Melalui KT
    07 Sekda: Akan Kita Implementasikan Secepatnya
    08 Bupati Harris: Teknopart Pelalawan Terluas di Indonesia
    09 Rusdi: Kedepannya LAMR Harus Serius dan aktif Mengawal Nilai Adat dan Budaya
    10 ST2P Gelar Pertandingan Olahraga
    11 Pengurus PWI Riau Juara Lomba Publikasi Kemenkes RI
    12 BPJS TK Pekanbaru Panam Ajak 81 Perusahaan Nobar di XXI Mal SKA
    13 CCAI Gelar Mobile Coke Tour di Politeknik Negeri Padang
    14 Mahasiswa Pattani Thailand Gelar Berbagai Kegiatan di UIR
    15 Menpar : Tahun 2020 Pacu Jalur Kuansing Masuk Calender Of Event Nasional
    16 Kantor Pemko Pekanbaru Belum Nyaman Dirasakan Sebagian ASN
    17 Menpar dan Gubri Diboyong Ke Ruang Rapat Bupati Kuansing
    18 Walikota: Kita Optimis Terwujud
    19 Maswir : RAPP Tetap Komit Dukung Kebudayaan Pacu Jalur Kuantan Singingi
    20 M Taufiq Oesman Hamid: Insya Allah September 2020 RoRo Dumai-Melaka Beroperasi
    21 Syaiful Bahri: Saya Siap Maju
    22 Eka Hospital akan Jadi RS Pertama di Indonesia Capai HIMSS Level 6
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public